Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik sehingga
kemampuan peserta didik masih terdapat sangat kurang dan masih harus berlatih secara terus
menerus untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik secara masksimal. Tujuan
penelitian ini adalah untuk:(1)Mengetahui motivasi belajar peserta didik sebelum
menggunakan media komik pada pembelajaran tematik di MIS AL-IHSAN Pontianak Utara
tahun ajaran 2021/2022.(2)Mengetahui motivasi belajar peserta dididk setelah menggunkan
media komik pada pembelajaran tematik di MIS AL-IHSAN Pontianak Utara tahun ajaran
2021/2022.(3)Mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap motivasi belajar
motivasi belajar peerta didik pada pembelajaran tematik di MIS AL-IHSAN Pontianak Utara
tahun ajaran 2021/2022
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian
eksperimen dengan menggunakan tipe quasi eksperimen pendekatan kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 3 yang berjumlah 23 orang. Adapun
sample nya dengan berjumlah 23 orang dengan teknik sampling jenis cluster sampling. Alat
pengumpulan data berupa angket dengan 25 pernyataan untuk menguji motivasi belajar
peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media komik dengan proses kerjanya
melalui wawancara, dokumentasi , observasi angket (kuesioner), lembar
dokumentasi,pedoman observasi, uji prasyarat analisis data dan uji hipotesis yang dipaparkan
secara sistematis aktual dan faktual.
Kesimpulan penelitian ini:(1)Motivasi peserta didik kelas 3 sebelum menggunakan
media Komik mendapatkan nilai rata-rata 62,56 dengan kategori cukup. (2)Motivasi peserta
didik kelas 3 setelah menggunakan media Komik mendapatkan nilai rata-rata 83,08 dengan
kategori tinggi.(3)terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 5% maka ttabel sebesar 2,069.
Sehingga nilai thitung > ttabel. Maka H0 ditolak dan Ha diterima.