Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah Penggunaan Model Role Playing Berbantuan
Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Pada
Pembelajaran Tematik Tema 2 Kelas III Di Min 2 Pontianak Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas III E MIN 2 Pontianak Sebanyak 41 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki
20 siswa perempuan. sedangkan objek dalam penelitian ini adalah keterampilan
berbicara dengan model role playing dan media gambar. penelitian ini di lakukan
dalam II siklus adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes berbicara,
observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian PTK (Penelitian
Tindakan Kelas) dengan menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria
keberhasilan yang ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data Hasil keterampilan
berbicara siswa pada pra siklus (26.82%) dengan nilai persentase indikator volume
56.10%. pelafalan 53.18%, penguasaan dialoq 52.69% dan pilihan kata 53.18%.
siklus I (75,60%) yaitu dalam kategori tuntas dengan indikator persentase volume
73.18%, pelafalan 67.81% penguasaan dialoq 71.22% dan pilihan kata 73.18%. dan
pada siklus II kemampuan berbicara siswa terus meningkat menjadi (92.68%) yaitu
dalam kategori tuntas dengan indikator persentase volume 79.60% pelafalan
79.30% penguasaan dialoq 78.50% dan pilihan kata 77.80%.
Demikian dapat disimpulkan bahwa model role playing berbantuan media
gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema 2 menyayangi
tumbuhan dan hewan subtema 2 manfaat hewan bagi kehidupan manusia
pembelajaran 2 dan 3, Kelas III MIN 2 Pontianak.