Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar
peserta didik materi organ gerak hewan dan manusia kelas kontrol, 2) Hasil
belajar peserta didik materi organ gerak hewan dan manusia kelas
eksperimen, 3) Perbandingan hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan
eksperimen materi organ gerak hewan dan manusia, 4) Ada tidaknya
pengaruh penerapan strategi make a match terhadap hasil belajar materi organ
gerak hewan dan manusia di kelas eksperimen SDN 12 Pontianak tahun
pelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif yang menggunakan Quasi Eksperimen Design. Penelitian ini
dilaksanakan dari tanggal 14 sampai dengan 15 September 2022 di SDN 12
Pontianak Kota. Alat pengumpulan data yang digunakan butir soal dan
kamera digital. Teknik analisis data yang dilakukan mencakup analisis
instrumen dan analisis pengaruh.
Hasil penelitian berkesimpulan bahwa: 1) hasil belajar peserta didik
materi organ gerak hewan dan manusia kelas kontrol SDN 12 Pontianak Kota,
pada saat melakukan posttest kelas kontrol memperoleh mean sebesar 56,46
dengan persentase ketuntasan sebesar 12,05. 2) hasil belajar peserta didik
materi organ gerak hewan dan manusia kelas eksperimen SDN 12 Pontianak
Kota, pada saat melakukan posttest kelas eksperimen memperoleh mean
sebesar 87,08 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%”. 3) perbandingan
hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan eksperimen materi organ gerak
hewan dan manusia SDN 12 Pontianak Kota, Hasil nilai posttest eksperimen
(87,08)–posttest kontrol (56,46) = 30,62. 4) pengaruh penerapan strategi
make a match terhadap hasil belajar materi organ gerak hewan dan manusia
kelas eksperimen SDN 12 Pontianak Kota. Berdasarkan hasil uji RelatedSamples Wilcoxon Signeg Rank Test pada nilai pretest posttest kelas
eksperimen terdapat pengaruh yg signifikan ditunjukan dengan hasil
signifikan 0,000 < 0,05. Besar peningkatannya adalah posttest (87,08) –
pretest (58,96) = 28,12. Dengan demikian kelas eksperimen mengalami
peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan
demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari
penerapan strategi make a match pada hasil belajar peserta didik.