PENGARUH PENERAPAN STRATEGI MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V SDN 12 PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Novani, Yulianda
dc.date.accessioned 2023-03-08T04:15:31Z
dc.date.available 2023-03-08T04:15:31Z
dc.date.issued 2023-02-24
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2472
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik materi organ gerak hewan dan manusia kelas kontrol, 2) Hasil belajar peserta didik materi organ gerak hewan dan manusia kelas eksperimen, 3) Perbandingan hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan eksperimen materi organ gerak hewan dan manusia, 4) Ada tidaknya pengaruh penerapan strategi make a match terhadap hasil belajar materi organ gerak hewan dan manusia di kelas eksperimen SDN 12 Pontianak tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan Quasi Eksperimen Design. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 14 sampai dengan 15 September 2022 di SDN 12 Pontianak Kota. Alat pengumpulan data yang digunakan butir soal dan kamera digital. Teknik analisis data yang dilakukan mencakup analisis instrumen dan analisis pengaruh. Hasil penelitian berkesimpulan bahwa: 1) hasil belajar peserta didik materi organ gerak hewan dan manusia kelas kontrol SDN 12 Pontianak Kota, pada saat melakukan posttest kelas kontrol memperoleh mean sebesar 56,46 dengan persentase ketuntasan sebesar 12,05. 2) hasil belajar peserta didik materi organ gerak hewan dan manusia kelas eksperimen SDN 12 Pontianak Kota, pada saat melakukan posttest kelas eksperimen memperoleh mean sebesar 87,08 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%”. 3) perbandingan hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan eksperimen materi organ gerak hewan dan manusia SDN 12 Pontianak Kota, Hasil nilai posttest eksperimen (87,08)–posttest kontrol (56,46) = 30,62. 4) pengaruh penerapan strategi make a match terhadap hasil belajar materi organ gerak hewan dan manusia kelas eksperimen SDN 12 Pontianak Kota. Berdasarkan hasil uji RelatedSamples Wilcoxon Signeg Rank Test pada nilai pretest posttest kelas eksperimen terdapat pengaruh yg signifikan ditunjukan dengan hasil signifikan 0,000 < 0,05. Besar peningkatannya adalah posttest (87,08) – pretest (58,96) = 28,12. Dengan demikian kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari penerapan strategi make a match pada hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Make A Match en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Materi Organ Gerak en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN STRATEGI MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V SDN 12 PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account