Abstract:
Model pembelajaran merupakan alat pengantar informasi yang dapat
memudahkan peserta didik dalam menerima dan memahami isi materi yang
diajarkan. Oleh karena itu model pemberalajaran picture and picture menjadi salah
satu perantara untuk mencapai hasil belajar peserta didik yang lebih baik karena
menggunakan gambar dan dipasangkan/diurutkan menjadi urutan yang logis untuk
membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Adapun tujuan
dalam penelitian ini untuk memaparkan (1) Hasil belajar peserta didik sebelum
menggunakan model pembelajaran picture and picture (2) Hasil belajar peserta didik
setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture (3) Pengaruh model
pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan jenis eksperimen. Adapun rancangan penelitian yang digunakan
adalah pre-experimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 28 orang.
Instrument pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda (kognitif), observasi
dan dokumentasi dengan proses kerjanya melakukan uji empiris, uji normalitas, dan
uji hipotesis menggunakan spss 22 dipaparkan secara sistematis aktual dan faktual.
Kesimpulan penelitian ini (1) Hasil belajar peserta didik sebelum
menggunakan model pembelajaran picture and picture (pretest) telah memperoleh
nilai rata-rata keseluruhan 62,86 dengan ketgori cukup. Hasil ini belum mencapai
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 pada materi metamorfosis hewan. (2)
Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran picture and picture meliputi
persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut dalam proses kegiatan belajar mengajar
dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. (3) Hasil belajar
peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture
(posttest) terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 81,07 dengan kategori baik pada
materi metamorfosis hewan. (4) Penggunaan model pembelajaran picture and picture
berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan
signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture
terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 06 Pontianak Timur.