PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI METAMORFOSIS HEWAN KELAS IV SDN 06 PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Santiya, Santi
dc.date.accessioned 2023-03-08T03:39:39Z
dc.date.available 2023-03-08T03:39:39Z
dc.date.issued 2022-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2469
dc.description.abstract Model pembelajaran merupakan alat pengantar informasi yang dapat memudahkan peserta didik dalam menerima dan memahami isi materi yang diajarkan. Oleh karena itu model pemberalajaran picture and picture menjadi salah satu perantara untuk mencapai hasil belajar peserta didik yang lebih baik karena menggunakan gambar dan dipasangkan/diurutkan menjadi urutan yang logis untuk membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk memaparkan (1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran picture and picture (2) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture (3) Pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 28 orang. Instrument pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda (kognitif), observasi dan dokumentasi dengan proses kerjanya melakukan uji empiris, uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan spss 22 dipaparkan secara sistematis aktual dan faktual. Kesimpulan penelitian ini (1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran picture and picture (pretest) telah memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 62,86 dengan ketgori cukup. Hasil ini belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 pada materi metamorfosis hewan. (2) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran picture and picture meliputi persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. (3) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture (posttest) terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 81,07 dengan kategori baik pada materi metamorfosis hewan. (4) Penggunaan model pembelajaran picture and picture berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 06 Pontianak Timur. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Picture and Picture en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI METAMORFOSIS HEWAN KELAS IV SDN 06 PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account