Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah berkaitan dengan prestasi
belajar peserta didik pada pembelajaran IPA. Ditemukan pada observasi awal, bahwa
prestasi belajar peserta didik masih di bawah KKM 70 sebanyak 32 peserta didik.
Berkaitan dengan masalah ini, peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan: 1)
Penggunaan strategi inkuiri terbimbing pada materi klasifikasi hewan, 2) Prestasi
belajar peserta didik yang diajar dengan dan tanpa menggunakan strategi pembelajaran
inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik, 3) Perbedaan yang signifikan pada
prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan dan tanpa
menggunakan strategi inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik pada materi
klasifikasi hewan, 4) Pengaruh penggunaan strategi inkuiri terbimbing dengan
pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi klasifikasi
hewan di kelas V SDN 09 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian
Quasi Experimental dengan desain penelitian pretest-postest with control group
design. Lokasi penelitian bertempat di Sekolah Dasar Negeri 09 Pontianak Timur.
Penelitian ini dilakukan di kelas V pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023.
Variabel pada penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu variabel bebas adalah
penggunaan strategi inkuiri terbimbing dan variabel terikat adalah prestasi belajar.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi partisipan, Teknik
pengukuran dan studi dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar
tes tertulis, lembar observasi, dan Electrical Device. Teknik analisis yang digunakan
adalah analisis instrumen dan analisis inferensial.
Penelitian ini disimpulkan: 1) Penggunaan strategi inkuiri terbimbing dengan
pendekatan saintifik pada materi klasifikasi hewan kelas V SDN 09 Pontianak Timur
Tahun Pelajaran 2022/2023, 100% berjalan sesuai dengan langkah-langkah yang
ditetapkan dalam RPP, 2) Prestasi belajar peserta didik kelas V SDN 09 Pontianak Timur
Tahun Pelajaran 2022/2023 pada kelas eksperimen (menggunakan strategi inkuri
terbimbing dengan pendekatan saintifik) rata-ratanya adalah 71 (lebih tinggi)
dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol (tanpa menggunakan strategi inkuiri
terbimbing dengan pendekatan saintifik) yang hanya 66, 3) Terdapat perbedaan yang
signifikan dalam hal prestasi belajar antara peserta didik kelas V SDN 09 Pontianak
Timur yang diajar dengan dan tanpa menggunakan strategi inkuiri terbimbing dengan
pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA materi klasifikasi hewan Tahun
Pelajaran 2022/2023, 4) Penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan
pendekatan saintifik berpengaruh sebesar 15,4% terhadap prestasi belajar peserta
didik pada pembelajaran IPA materi klasifikasi hewan di kelas V SDN 09 Pontianak
Timur Tahun Pelajaran 2022/2023.