PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN DI KELAS V SDN 09 PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Choirunnisa, Syafira
dc.date.accessioned 2023-03-08T02:24:32Z
dc.date.available 2023-03-08T02:24:32Z
dc.date.issued 2023-02-20
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2467
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah berkaitan dengan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPA. Ditemukan pada observasi awal, bahwa prestasi belajar peserta didik masih di bawah KKM  70 sebanyak 32 peserta didik. Berkaitan dengan masalah ini, peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penggunaan strategi inkuiri terbimbing pada materi klasifikasi hewan, 2) Prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan dan tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik, 3) Perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan dan tanpa menggunakan strategi inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik pada materi klasifikasi hewan, 4) Pengaruh penggunaan strategi inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi klasifikasi hewan di kelas V SDN 09 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian pretest-postest with control group design. Lokasi penelitian bertempat di Sekolah Dasar Negeri 09 Pontianak Timur. Penelitian ini dilakukan di kelas V pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Variabel pada penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu variabel bebas adalah penggunaan strategi inkuiri terbimbing dan variabel terikat adalah prestasi belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi partisipan, Teknik pengukuran dan studi dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes tertulis, lembar observasi, dan Electrical Device. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis instrumen dan analisis inferensial. Penelitian ini disimpulkan: 1) Penggunaan strategi inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik pada materi klasifikasi hewan kelas V SDN 09 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2022/2023, 100% berjalan sesuai dengan langkah-langkah yang ditetapkan dalam RPP, 2) Prestasi belajar peserta didik kelas V SDN 09 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2022/2023 pada kelas eksperimen (menggunakan strategi inkuri terbimbing dengan pendekatan saintifik) rata-ratanya adalah 71 (lebih tinggi) dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol (tanpa menggunakan strategi inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik) yang hanya 66, 3) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal prestasi belajar antara peserta didik kelas V SDN 09 Pontianak Timur yang diajar dengan dan tanpa menggunakan strategi inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA materi klasifikasi hewan Tahun Pelajaran 2022/2023, 4) Penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik berpengaruh sebesar 15,4% terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi klasifikasi hewan di kelas V SDN 09 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Inkuiri Terbimbing en_US
dc.subject Pendekatan Saintifik en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN DI KELAS V SDN 09 PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account