Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca pemahaman peserta
didik yang diperoleh pada prasiklus. peserta didik yang memperoleh nilai 40-59 dengan
kategori cukup pada tes membaca pemahaman berjumlah 15 orang atau 50%. Peserta
didik yang memperoleh nilai 60-79 dengan kategori tinggi berjumlah 13 orang yaitu 43%
dan yang memperoleh nilai 80-100 dengan kategori sangat tinggi berjumlah 2 orang
dengan persentase 2%. Hasil data prasiklus ini mengidentifikasi bahwa kemampuan
membaca pemahaman peserta didik perlu ditingkatkan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bagaimana kemampuan
membaca pemahaman peserta didik sebelum menggunakan strategi PQ4R tema 7 kelas
V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Kubu Raya tahun pelajaran 2022/2023, (2)
mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi PQ4R terhadap kemampuan membaca
pemahaman peserta didik tema 7 kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Kubu Raya
tahun pelajaran 2022/2023, (3) mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan
kemampuan membaca pemahaman peserta didik sesudah menggunakan strategi PQ4R
tema 7 kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Kubu Raya tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan
kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ialah peserta didik
kelas V b MIN 2 Kubu Raya yang berjumlah 30 orang. Variabel x ialah strategi PQ4R
dan variabel y ialah kemampuan membaca pemahaman. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu teknik tes, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Sedangkan alat
pengumpulan data yang digunakan ialah tes, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: (1) Sebelum menggunakan strategi PQ4R kemampuan membaca pemahaman
peserta didik kelas V b hanya terdapat 50% dengan rincian 7% atau 2 peserta didik
dengan kategori sangat tinggi (80-100) dan 43% yaitu 17 peserta didik dengan kategori
tinggi (60-79). Sementara 50% sisanya yaitu 15 peserta didik memperolah nilai (40-59)
berada pada kategori cukup dalam tes membaca pemahaman. (2) Penerapan strategi
PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik tema 7 kelas V
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Kubu Raya telah terlaksana dengan baik dan lancar hal
ini dapat dilihat pada hasil observasi guru dan peserta didik pada setiap siklus yang
mengalami peningkatan disemua tahapan (preview, question, read, reflect, recite, dan
riview) pada setiap siklusnya. (3) Kemampuan membaca pemahaman peserta didik
setelah menerapkan strategi PQ4R mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini
dapat dilihat pada nilai rata-rata pada siklus I 66,7 dengan persentase ketuntasan 57%.
Sedangkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada siklus II diperoleh nilai
rata-rata 76,87 dengan persentase ketuntasan 93% yang berada pada kategori sangat
tinggi.