PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R TEMA 7 PADA PESERTA DIDIK KELAS V

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariansyah, Hariansyah
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basapipana
dc.contributor.author Setyaningsih, Dwi Wanti
dc.date.accessioned 2023-03-08T02:12:05Z
dc.date.available 2023-03-08T02:12:05Z
dc.date.issued 2023-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2466
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca pemahaman peserta didik yang diperoleh pada prasiklus. peserta didik yang memperoleh nilai 40-59 dengan kategori cukup pada tes membaca pemahaman berjumlah 15 orang atau 50%. Peserta didik yang memperoleh nilai 60-79 dengan kategori tinggi berjumlah 13 orang yaitu 43% dan yang memperoleh nilai 80-100 dengan kategori sangat tinggi berjumlah 2 orang dengan persentase 2%. Hasil data prasiklus ini mengidentifikasi bahwa kemampuan membaca pemahaman peserta didik perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bagaimana kemampuan membaca pemahaman peserta didik sebelum menggunakan strategi PQ4R tema 7 kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Kubu Raya tahun pelajaran 2022/2023, (2) mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik tema 7 kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Kubu Raya tahun pelajaran 2022/2023, (3) mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik sesudah menggunakan strategi PQ4R tema 7 kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Kubu Raya tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ialah peserta didik kelas V b MIN 2 Kubu Raya yang berjumlah 30 orang. Variabel x ialah strategi PQ4R dan variabel y ialah kemampuan membaca pemahaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan ialah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Sebelum menggunakan strategi PQ4R kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V b hanya terdapat 50% dengan rincian 7% atau 2 peserta didik dengan kategori sangat tinggi (80-100) dan 43% yaitu 17 peserta didik dengan kategori tinggi (60-79). Sementara 50% sisanya yaitu 15 peserta didik memperolah nilai (40-59) berada pada kategori cukup dalam tes membaca pemahaman. (2) Penerapan strategi PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik tema 7 kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Kubu Raya telah terlaksana dengan baik dan lancar hal ini dapat dilihat pada hasil observasi guru dan peserta didik pada setiap siklus yang mengalami peningkatan disemua tahapan (preview, question, read, reflect, recite, dan riview) pada setiap siklusnya. (3) Kemampuan membaca pemahaman peserta didik setelah menerapkan strategi PQ4R mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata pada siklus I 66,7 dengan persentase ketuntasan 57%. Sedangkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,87 dengan persentase ketuntasan 93% yang berada pada kategori sangat tinggi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Pemahaman en_US
dc.subject Strategi PQ4R en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R TEMA 7 PADA PESERTA DIDIK KELAS V en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account