Abstract:
Penelitian ini dibelakangi dengan tidak pernah dilakukannya proses
evaluasi terhadap pelaksanaan e-learning Edmodo pada pembelajaran tematik di
kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 24 Sungai Kakap. Dengan dilakukannya penelitian
ini diharapakan dapat menjadi masukan bagi sekolah dalam mengevaluasi
pelaksanaan Edmodo yang telah diterapkan di sekolah tersebut. Dengan sumber
data dalam penelitian ini adalah wali kelas 5. Maka penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik dan alat pengumpulan data adalah
komunikasi langsung, observasi langsung, dan dokumentasi yang memaparkan data
tentang pelaksanaan e-learning Edmodo pada pembelajaran tematik di kelas 5.
Teknik keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi sumber dan
teknik analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan yang disajikan secara utuh tentang pelaksanaan e-learning Edmodo
pada pembelajaran tematik di kelas 5 SDN 24 Sungai Kakap.
Hasil penelitian adalah pelaksanaan e-learning Edmodo pada
pembelajaran tematik di kelas 5 SDN 24 Sungai Kakap mengalami peningkatan
pada hasil belajarnya. Melalui tahap perencanaan yang ditandai dengan adanya
pembuatan RPP sesusai komponen, selanjutnya penerapan proses pembelajaran
melalui Edmodo dilakukan dengan adanya kegiatan awal, inti, dan penutup dengan
berbagai macam media serta metode dan strartegi yang digunakan, selanjutnya
evaluasi pembelajaran melalui Edmodo dilakukan dengan evaluasi proses yang
menunjukan adanya peningkatan pada nilai peserta didik.