Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan peserta didik
dalam menulis permulaan atau menulis dalam menyambungkan kata menjadi kalimat
yang sempurna, sehingga kemampuan menulis peserta didik disini masih terbilang
sangat kurang dn masih harus berlatih menulis secara terus menerus. Tujuan penelitian
ini adalah untuk: (1) Mengetahui keterampilan menulis peserta didik sebelum
diterapkan media gambar poster di kelas 2 SDN 24 Pontianak Timur. (2) Mengetahui
keterampilan menulis peserta didik sesudah diterapkan media gambar poster di kelas
2 SDN 24 Pontianak Timur. (3) Mengetahui apakah terdapat signifikan antara
pengaruh penggunaan media gambar poster terhadap keterampilan menulis peserta
didik kelas 2 SDN 24 Pontianak Timur. (4) Mengetahui seberapa besar pengaruh
media gambar poster terhadap keterampilan menulis peserta didik di kelas 2 SDN 24
Pontianak Timur.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian
eksperimen dengan menggunakan tipe quasi eksperimen pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 2A dan 2B yang
berjumlah 78 siswa. Kemudian dilakukan pengambilan sample dengan menggunakan
teknik sampling jenis cluster sampling sehingga di dapat bahawa sample yang
digunakan ialah kelas 2A yang berjumlah 40 peserta didik. Alat pengumpulan data
berupa soal tes essay untuk menguji keterampilan menulis peserta didik sebelum dan
sesudah menggunakan media gambar poster.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: (1) Keterampilan menulis
peserta didik kelas 2 SDN 24 Pontianak Timur sebelum menggunakan media gambar
poster mendapatkan nilai rata-rata 64,91 dengan katagori cukup. (2) Keterampilan
menulis peserta didik kelas 2 SDN 24 Pontianak Timur sesudah menggunakan media
gambar poster mendapatkan nilai rata-rata 79,62 dengan katagori baik. (3) Terdapat
pengaruh yang signifikan sebesar 0,134 dari penggunaan media gambar poster
terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas 2 SDN 24 Pontianak Timur. (4)
Terdapat pengaruh antara media gambar poster terhadap keterampilan menulis peserta
didik kelas 2 SDN 24 Pontianak Timur yaitu sebesar 0,134 > 0,05 maka, data dapat
dikatakan berdistribusi normal.