PENGARUH MEDIA GAMBAR POSTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS 2 SDN 24 PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2021 / 2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Jannah, Miftahul
dc.date.accessioned 2023-02-23T06:24:24Z
dc.date.available 2023-02-23T06:24:24Z
dc.date.issued 2022-07-20
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2403
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan peserta didik dalam menulis permulaan atau menulis dalam menyambungkan kata menjadi kalimat yang sempurna, sehingga kemampuan menulis peserta didik disini masih terbilang sangat kurang dn masih harus berlatih menulis secara terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui keterampilan menulis peserta didik sebelum diterapkan media gambar poster di kelas 2 SDN 24 Pontianak Timur. (2) Mengetahui keterampilan menulis peserta didik sesudah diterapkan media gambar poster di kelas 2 SDN 24 Pontianak Timur. (3) Mengetahui apakah terdapat signifikan antara pengaruh penggunaan media gambar poster terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas 2 SDN 24 Pontianak Timur. (4) Mengetahui seberapa besar pengaruh media gambar poster terhadap keterampilan menulis peserta didik di kelas 2 SDN 24 Pontianak Timur. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan tipe quasi eksperimen pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 2A dan 2B yang berjumlah 78 siswa. Kemudian dilakukan pengambilan sample dengan menggunakan teknik sampling jenis cluster sampling sehingga di dapat bahawa sample yang digunakan ialah kelas 2A yang berjumlah 40 peserta didik. Alat pengumpulan data berupa soal tes essay untuk menguji keterampilan menulis peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media gambar poster. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: (1) Keterampilan menulis peserta didik kelas 2 SDN 24 Pontianak Timur sebelum menggunakan media gambar poster mendapatkan nilai rata-rata 64,91 dengan katagori cukup. (2) Keterampilan menulis peserta didik kelas 2 SDN 24 Pontianak Timur sesudah menggunakan media gambar poster mendapatkan nilai rata-rata 79,62 dengan katagori baik. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 0,134 dari penggunaan media gambar poster terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas 2 SDN 24 Pontianak Timur. (4) Terdapat pengaruh antara media gambar poster terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas 2 SDN 24 Pontianak Timur yaitu sebesar 0,134 > 0,05 maka, data dapat dikatakan berdistribusi normal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penggunaan Media Gambar Poster en_US
dc.subject Keterampilan Menulis en_US
dc.title PENGARUH MEDIA GAMBAR POSTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS 2 SDN 24 PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2021 / 2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account