Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar peserta
didik sebelum menggunakan model STAD; 2) hasil belajar peserta didik
setelah menggunakan model STAD; 3) ada tidaknya pengaruh penggunaan
model STAD terhadap hasil belajar peserta didik.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif tipe PreEksperimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design.
yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan
posttest setelah diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data berupa tes
soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal dan dokumentasi seluruh dokumen
yang sesuai dengan tujuan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat
disimpulkan sebagai berikut: 1) Hasil belajar (pretest) sebelum
menggunakan model student teams achivement division pada materi suhu
dan kalor peserta didik kelas V terdapat 2 orang atau 5 % peserta didik yang
telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sedangkan sisanya
sebanyak 35 orang atau 95% peserta didik tidak memenuhi ketuntasan
minimal yang telah ditetapkan sekolah. Adapun nilai rata-rata yang
diperoleh pada saat pretest sebesar 39,1. Sedangkan nilai maksimum yang
diperoleh pada saat pretest sebesar 67 dan nilai minimum sebesar 23; 2)
Hasil belajar (posttest) setelah menggunakan model student teams
achivement division pada materi suhu dan kalor terdapat 35 orang atau 95%
peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Sedangkan sebanyak 2 orang atau 5% peserta didik tidak memenuhi
ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sekolah. Adapun nilai rata-rata
yang diperoleh pada saat posttest sebesar 39,1. Sedangkan nilai maksimum
yang diperoleh pada saat posttest sebesar 100 dan nilai minimum sebesar
50; 3) Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menggunakan uji paired
sampel t-test. Nilai signifikansi (2-tailed) 0,00<0,05 menunjukkan adanya
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Hal ini
menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar
sebelum dan sesudah menggunakan model Student Teams Achivement
Division.