Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Memaparkan hasil belajar
peserta didik sebelum menggunakan media Pop Up Book pada materi keragaman
rumah adat kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Tahun Ajaran
2021/2022; 2) Memaparkan hasil belajar setelah menggunakan media Pop Up Book
pada materi keragaman rumah adat kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul
Hasanah Tahun Ajaran 2021/2022; 3) Pengaruh penggunaan media Pop Up Book
terhadap hasil belajar pada materi keragaman rumah adat kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis ekperimen.
Rancangan penelitian yang digunakan ialah Pre-Experimental dengan bentuk one
group pretest-posttest desing. Sumber data pada penelitian ini yaitu sampel kelas IV
B Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah. Teknik yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik pengukuran dan dokumentasi. Sedangkan
untuk menganalisis peneliti menggunakan data awal pret-test dan langkah selanjutnya
peneliti menganalisis data akhir post-test kemudian dilanjutkan dengan uji
homogenitas karena datanya berdistribusi normal.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Hasil belajar
peserta didik sebelum menerapkan media pop up book telah memperoleh nilai ratarata keseluruhan 42,43 dengan kategori kurang. Hasil ini belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70 pada materi Keragaman Rumah Adat kelas IV
MIS Nurul Hasanah Siantan, (2) Hasil belajar peserta didik sesudah
mengimplementasikan media pop up book terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata
senilai 77,30 dengan katerori baik, (3) Penerapan media pop up book memberikan
pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan Sig. (2-tailed)
0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Hα diterima, sehingga dapat disimpulkan
bahwasannya ditemukan pengaruh media pop up book terhadap hasil belajar materi
keragaman rumah adat kelas IV MIS Nurul Hasanah Siantan.