PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL HASANAH JUNGKAT TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Wagiarsih, Wagiarsih
dc.date.accessioned 2023-02-23T04:31:24Z
dc.date.available 2023-02-23T04:31:24Z
dc.date.issued 2022-07-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2400
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Memaparkan hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media Pop Up Book pada materi keragaman rumah adat kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Tahun Ajaran 2021/2022; 2) Memaparkan hasil belajar setelah menggunakan media Pop Up Book pada materi keragaman rumah adat kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Tahun Ajaran 2021/2022; 3) Pengaruh penggunaan media Pop Up Book terhadap hasil belajar pada materi keragaman rumah adat kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis ekperimen. Rancangan penelitian yang digunakan ialah Pre-Experimental dengan bentuk one group pretest-posttest desing. Sumber data pada penelitian ini yaitu sampel kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hasanah. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik pengukuran dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis peneliti menggunakan data awal pret-test dan langkah selanjutnya peneliti menganalisis data akhir post-test kemudian dilanjutkan dengan uji homogenitas karena datanya berdistribusi normal. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan media pop up book telah memperoleh nilai ratarata keseluruhan 42,43 dengan kategori kurang. Hasil ini belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70 pada materi Keragaman Rumah Adat kelas IV MIS Nurul Hasanah Siantan, (2) Hasil belajar peserta didik sesudah mengimplementasikan media pop up book terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata senilai 77,30 dengan katerori baik, (3) Penerapan media pop up book memberikan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Hα diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwasannya ditemukan pengaruh media pop up book terhadap hasil belajar materi keragaman rumah adat kelas IV MIS Nurul Hasanah Siantan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Pop Up Book en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL HASANAH JUNGKAT TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account