Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta
didik kelas V SDIT Al Madinah Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui: 1) hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media
manipulatif pada materi volume kubus dan balok di kelas V SDIT Al Madinah
Pontianak; 2) keefektifan media manipulatif terhadap hasil belajar peserta
didik pada materi volume kubus dan balok di kelas V Putri SDIT Al Madinah
Pontianak.
Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah kuantitatif. Penelitian
ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-Group PretestPosttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V putri
SDIT Al Madinah Pontianak tahun 2021/2022 sejumlah 27 peserta didik.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V putri
yang berjumlah 27 peserta didik. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah soal tes, lembar observasi, dan dokmentasi. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji
statistik uji t satu sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar peserta didik
kelas V SDIT Al Madinah Pontianak pada materi volume kubus dan balok
setelah menggunakan media manipulatif memperoleh nilai rata-rata 78,52; 2)
media manipulatif efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi
volume kubus dan balok di kelas V putri SDIT Al Madinah Pontianak.