Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
peserta didik kelas IV Mata Pelajaran PKN dengan menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah
Jenis penelitian adalah kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah
peserta didik kelas IV MIS RU III desa Bengkarek. Teknik pengumpulan
data berupa teknis tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
dengan menggunakan mean dan persentase.
Hasilnya penelitian ini menunjukkan, pertama: Hasil belajar PKN
sebelum menggunakan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah
untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada pra siklus sebanyak
12, 5% Kedua: Pelaksanaan penggunaan model pembelajaran berbasis
masalah untuk meningkatkan hasil belajar pada siklus I di ketahui sebesar
71,43%, siklus II sebanyak 85,71% dan siklus III sebanyak 90,48%. Ketiga:
Peningkatan hasil belajar PKN dengan menggunakan model pembelajaran
berbasis masalah adalah dari siklus I mengalami peningkatan sebesar dapat
terlaksana 50% siklus II sebesar 75% dan siklus III sebesar 93,75%
peningkatan dari hasil belajar.