Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar dalam pembelajaran
matematika peserta didik kelas II dengan menggunakan alat peraga corong
berhitung. apakah lebih baik daripada tanpa menggunakan alat peraga corong
berhitung di SDN 34 Pontianak Kota.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, studi
dokumen dan teknik pengukuran. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah
lembar observasi, tes hasil belajar, dan perangkat elektronik.
Bedasarkan pada analisis yang dilakukan, bahwa hasil analisis berpasangan
dapat dilihat dari kelas kontrol siklus I peningkatannya signifikan sebesar 3,23
siklus II juga signifikan sebesar 15,19. Untuk kelas tindakan siklus I
peningkatannya signifikan sebesar 26,46 siklus II juga signifikan sebesar 12,1 dari
pretest ke posttest. Setelah dianalisis dengan analisis uji t bebas dapat dilihat bahwa
posttest untuk siklus I ternyata lebih tinggi kelas tindakan 65,71 sementara untuk
kelas kontrol hanya 46,77. Setelah itu diulang kembali kesiklus keII dan setelah ke
siklus II perbedaannya signifikan tetapi kali ini yang lebih tinggi adalah kelas
tindakan yaitu mencapai 84,6 berarti sudah di atas KKM sementara kelas kontrol
masih 62,26 di bawah KKM. Dengan demikian peningkatan dari 2 siklus lebih
baik/lebih tinggi kelas tindakan disbanding kelas kontrol. Sama-sama mengalami
peningkatan tetapi kelas tindakan jauh lebih bagus peningkatannya.