PENERAPAN STRATEGI GAME EDUCATION BERBANTUAN ALAT PERAGA CORONG BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI OPERASI PERKALIAN KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI 34 PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Ratnasari, Desi
dc.date.accessioned 2023-02-23T02:53:15Z
dc.date.available 2023-02-23T02:53:15Z
dc.date.issued 2022-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2396
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar dalam pembelajaran matematika peserta didik kelas II dengan menggunakan alat peraga corong berhitung. apakah lebih baik daripada tanpa menggunakan alat peraga corong berhitung di SDN 34 Pontianak Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, studi dokumen dan teknik pengukuran. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar, dan perangkat elektronik. Bedasarkan pada analisis yang dilakukan, bahwa hasil analisis berpasangan dapat dilihat dari kelas kontrol siklus I peningkatannya signifikan sebesar 3,23 siklus II juga signifikan sebesar 15,19. Untuk kelas tindakan siklus I peningkatannya signifikan sebesar 26,46 siklus II juga signifikan sebesar 12,1 dari pretest ke posttest. Setelah dianalisis dengan analisis uji t bebas dapat dilihat bahwa posttest untuk siklus I ternyata lebih tinggi kelas tindakan 65,71 sementara untuk kelas kontrol hanya 46,77. Setelah itu diulang kembali kesiklus keII dan setelah ke siklus II perbedaannya signifikan tetapi kali ini yang lebih tinggi adalah kelas tindakan yaitu mencapai 84,6 berarti sudah di atas KKM sementara kelas kontrol masih 62,26 di bawah KKM. Dengan demikian peningkatan dari 2 siklus lebih baik/lebih tinggi kelas tindakan disbanding kelas kontrol. Sama-sama mengalami peningkatan tetapi kelas tindakan jauh lebih bagus peningkatannya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Starategi en_US
dc.subject Game Education en_US
dc.subject Alat Peraga en_US
dc.subject Corong Berhitung en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI GAME EDUCATION BERBANTUAN ALAT PERAGA CORONG BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI OPERASI PERKALIAN KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI 34 PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account