Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah penelitian yang terdiri
dari: (1) Hasil belajar dalam pembelajaran PKn sebelum menerapkan model
Kooperatif Tipe Team Games Tournament di kelas V SDN 14 Sungai Pinyuh
Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Hasil belajar dalam pembelajaran PKn sesudah
menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament di
kelas V SDN 14 Sungai Pinyuh Tahun Pelajaran 2021/2022. (3) Perbedaan
kemampuan menyerap materi pelajaran sebelum dan sesudah menerapkan model
pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament di kelas V SDN 14
Sungai Pinyuh Tahun Pelajaran 2021/2022. (4) Penerapan Strategi Pembelajaran
Kooperatif Tipe Team Games Tournament Di Kelas V SDN 14 Sungai Pinyuh
Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
tindakan kelas dan mengambil lokasi di SDN 14 Sungai Pinyuh. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan teknik dokumentasi.
Alat pengumpulan data berupa lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis deskripstif berupa mean dan persentase.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: (1) Pra Siklus nilai rata–rata kemampuan siswa pada materi pelajaran PKn
tersebut sebesar 58,33, di katagorikan bahwa siswa kurang mampu menyerap
materi tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan
hidup. (2) Siklus I nilai rata-rata kemampuan menyerap materi pelajaran pada
penerapan pembelajaran kooperatif tipe team games tournament pada mata
pelajaran PKn dikelas V SDN 14 Sungai Pinyuh sebagaimana penilaian tersebut
sebesar 73,33 di katagorikan bahwa siswa cukup mampu menyerap materi
pelajaran. (3) Siklus II nilai rata-rata pemahaman siswa pada materi manfaat
persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup di kelas V SD Negeri
14 Sungai Pinyuh sebagaimana penilaian tersebut sebesar 78,96 di katagorikan
bahwa siswa lebih paham dengan materi.