KEMAMPUAN MENYERAP MATERI PELAJARAN PKn PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DI KELAS V SDN 14 SUNGAI PINYUH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zaenuddin, Zaenuddin
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Rosila, Ana
dc.date.accessioned 2023-02-23T02:28:42Z
dc.date.available 2023-02-23T02:28:42Z
dc.date.issued 2022-10-27
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2395
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah penelitian yang terdiri dari: (1) Hasil belajar dalam pembelajaran PKn sebelum menerapkan model Kooperatif Tipe Team Games Tournament di kelas V SDN 14 Sungai Pinyuh Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Hasil belajar dalam pembelajaran PKn sesudah menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament di kelas V SDN 14 Sungai Pinyuh Tahun Pelajaran 2021/2022. (3) Perbedaan kemampuan menyerap materi pelajaran sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament di kelas V SDN 14 Sungai Pinyuh Tahun Pelajaran 2021/2022. (4) Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Di Kelas V SDN 14 Sungai Pinyuh Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dan mengambil lokasi di SDN 14 Sungai Pinyuh. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripstif berupa mean dan persentase. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Pra Siklus nilai rata–rata kemampuan siswa pada materi pelajaran PKn tersebut sebesar 58,33, di katagorikan bahwa siswa kurang mampu menyerap materi tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup. (2) Siklus I nilai rata-rata kemampuan menyerap materi pelajaran pada penerapan pembelajaran kooperatif tipe team games tournament pada mata pelajaran PKn dikelas V SDN 14 Sungai Pinyuh sebagaimana penilaian tersebut sebesar 73,33 di katagorikan bahwa siswa cukup mampu menyerap materi pelajaran. (3) Siklus II nilai rata-rata pemahaman siswa pada materi manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup di kelas V SD Negeri 14 Sungai Pinyuh sebagaimana penilaian tersebut sebesar 78,96 di katagorikan bahwa siswa lebih paham dengan materi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan Menyerap Materi en_US
dc.subject Pembelajaran Kooperatif en_US
dc.subject Team Games Tournament en_US
dc.title KEMAMPUAN MENYERAP MATERI PELAJARAN PKn PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DI KELAS V SDN 14 SUNGAI PINYUH TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account