Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan
tentang: (1) Prestasi belajar peserta didik di kelas kontrol menggunakan
strategi talking stick berbantuan media flashcard; (2) Pelaksanaan
pembelajaran tematik di kelas eksperimen dengan menggunakan strategi
talking stick berbantuan media flashcard; (3) Prestasi belajar peserta didik di
kelas eksperimen setelah menggunakan strategi talking stick berbantuan
media flashcard; (4) Pengaruh penggunaan strategi talking stick berbantuan
media flashcard terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik; (5) Besar
Pengaruh penggunaan strategi talking stick berbantuan media flashcard pada
pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar peserta didik di kelas V SDN
03 Bukit Raya Kecamatan Jawai Selatan Tahun Pelajaran 2022/ 2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis
penelitian eksperimen (pre and post test with control group design) yaitu
menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. teknik pengumpulan data
berupa teknik observasi langsung penelitian dan teknik pengukuran,
sedangkan instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan tes
(pretest dan posttest). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) Prestasi belajar kelas peserta didik di kontrol pada
saat pretest memiliki rata-rata (mean) sebesar 22,70. Sedangkan untuk kelas
eksperimen nilai rata-rata peserta didik sebesar 26,25; 2) Pelaksanaan
pembelajaran tematik dengan menggunakan strategi talking stick berbantuan
media flashcard dilaksanakan selama tiga kali pertemuan yang mana
dilakukan tiga kali penggunaan strategi talking stick berbantuan media
flashcard; 3) Setelah menggunakan strategi talking stick berbantuan media
flashcard terjadi peningkatan nilai peserta didik sebesar 56,79. Rata-rata nilai
tes kelas eksperimen pada saat pretest memiliki rata-rata sebesar 26,25 dan
pada saat postest mensgalami peningkatan sebesar 56,79 sehingga menjadi
83,04; 4) Penggunaan strategi talking stick berbantuan media flashcard
berpengaruh secara signifikan tehadap prestasi belajar peserta didik dengan
signifikansi 0,000. Nilai ini < dari α (0,05); 5) Proses pembelajaran yang
menggunakan strategi talking stick berbantuan media flashcard
mempengaruhi nilai peserta didik yakni sebesar 52,8 %.