PENGARUH PENGGUNAAN STARTEGI TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 03 BUKIT RAYA KECAMATAN JAWAI SELATAN TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Marlita, Rahima
dc.date.accessioned 2023-02-23T02:12:48Z
dc.date.available 2023-02-23T02:12:48Z
dc.date.issued 2022-11-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2394
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan tentang: (1) Prestasi belajar peserta didik di kelas kontrol menggunakan strategi talking stick berbantuan media flashcard; (2) Pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas eksperimen dengan menggunakan strategi talking stick berbantuan media flashcard; (3) Prestasi belajar peserta didik di kelas eksperimen setelah menggunakan strategi talking stick berbantuan media flashcard; (4) Pengaruh penggunaan strategi talking stick berbantuan media flashcard terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik; (5) Besar Pengaruh penggunaan strategi talking stick berbantuan media flashcard pada pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar peserta didik di kelas V SDN 03 Bukit Raya Kecamatan Jawai Selatan Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen (pre and post test with control group design) yaitu menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. teknik pengumpulan data berupa teknik observasi langsung penelitian dan teknik pengukuran, sedangkan instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan tes (pretest dan posttest). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Prestasi belajar kelas peserta didik di kontrol pada saat pretest memiliki rata-rata (mean) sebesar 22,70. Sedangkan untuk kelas eksperimen nilai rata-rata peserta didik sebesar 26,25; 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik dengan menggunakan strategi talking stick berbantuan media flashcard dilaksanakan selama tiga kali pertemuan yang mana dilakukan tiga kali penggunaan strategi talking stick berbantuan media flashcard; 3) Setelah menggunakan strategi talking stick berbantuan media flashcard terjadi peningkatan nilai peserta didik sebesar 56,79. Rata-rata nilai tes kelas eksperimen pada saat pretest memiliki rata-rata sebesar 26,25 dan pada saat postest mensgalami peningkatan sebesar 56,79 sehingga menjadi 83,04; 4) Penggunaan strategi talking stick berbantuan media flashcard berpengaruh secara signifikan tehadap prestasi belajar peserta didik dengan signifikansi 0,000. Nilai ini < dari α (0,05); 5) Proses pembelajaran yang menggunakan strategi talking stick berbantuan media flashcard mempengaruhi nilai peserta didik yakni sebesar 52,8 %. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Talking Stick en_US
dc.subject Media Flashcard en_US
dc.subject Pembelajaran Tematik en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STARTEGI TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 03 BUKIT RAYA KECAMATAN JAWAI SELATAN TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account