Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah dalam rendahnya
kemampuan bercerita peserta didik kelas III Raudlatusa‟adah Pontianak. Maka
dengan dterapkannya strategi pembelajaran role playing dengan media wayang
dapat meningkatkan kemampuan bercerita peseta didik. Tujuan penelitian ini
adalah untuk memaparkan: 1) penggunaan strategi role playing dengan media
wayang terhadap kemampuan bercerita. 2) kemampuan bercerita sebelum
menggunakan strategi pembelajaran role playing dengan media wayang. 3)
kemampuan bercerita setelah menggunakan strategi pembelajaran role playing
dengan media wayang. 4) terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran
role playing dengan media wayang terhadap kemampuan bercerita. 5) seberapa
besar pengaruh penggunaan strategi pembelajaran role playing dengan media
wayang terhadap kemampuan bercerita.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang
digunakan pre experimental design dengan rancangan “one group pretest-posttest
design”. Teknik dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik
tes, teknik obsevasi dan dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah
lembar tes unjuk kerja (profermance test), observasi dan dokumen.
Hasil penelitiaan yaitu: 1) Bagaimana penggunaan strategi role playing
dengan media wayang terhadap kemampuan bercerita adalah persentase hasil
observasi dalam pelaksaan pembelajaran dengan wayang yaitu 10%. 2)
Bagaimana kemampuan bercerita sebelum menggunakan strategi pembelajaran
role playing dengan media wayang adalah rata-rata nilai 63,16. 3) Bagaimana
kemampuan bercerita setelah menggunakan strategi pembelajaran role playing
dengan media wayang nilai rata-rata yang didapatkan 81,66. 4) Apakah terdapat
pengaruh penggunaan strategi pembelajaran role playing dengan media wayang
terhadap kemampuan bercerita dengan nilai rata-rata 81,66. 5) Seberapa besar
pengaruh penggunaan strategi pembelajaran role playing dengan media wayang
terhadap kemampuan bercerita yaitu berpengaruhnya cukup besar. Kesimpulan
penelitian ini uji hipotesis terdapat Nilai (sig) yang didapatkan sebesar 0,000 yang
berarti nilai (sig) < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara
pre test dan post test sehingga terdapat pengaruh dari variabel bebas terhadap
variabel terikat atau H a diterima H o ditolak.