PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MEDIA WAYANG TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PESERTA DIDIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA RAUDLATUSSA’ADAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Aprilyanti, Media
dc.contributor.advisor Agung Prakoso, Imam
dc.contributor.author ULFA, FAUZIAH
dc.date.accessioned 2023-01-30T03:41:11Z
dc.date.available 2023-01-30T03:41:11Z
dc.date.issued 2022-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2295
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah dalam rendahnya kemampuan bercerita peserta didik kelas III Raudlatusa‟adah Pontianak. Maka dengan dterapkannya strategi pembelajaran role playing dengan media wayang dapat meningkatkan kemampuan bercerita peseta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan: 1) penggunaan strategi role playing dengan media wayang terhadap kemampuan bercerita. 2) kemampuan bercerita sebelum menggunakan strategi pembelajaran role playing dengan media wayang. 3) kemampuan bercerita setelah menggunakan strategi pembelajaran role playing dengan media wayang. 4) terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran role playing dengan media wayang terhadap kemampuan bercerita. 5) seberapa besar pengaruh penggunaan strategi pembelajaran role playing dengan media wayang terhadap kemampuan bercerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan pre experimental design dengan rancangan “one group pretest-posttest design”. Teknik dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes, teknik obsevasi dan dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes unjuk kerja (profermance test), observasi dan dokumen. Hasil penelitiaan yaitu: 1) Bagaimana penggunaan strategi role playing dengan media wayang terhadap kemampuan bercerita adalah persentase hasil observasi dalam pelaksaan pembelajaran dengan wayang yaitu 10%. 2) Bagaimana kemampuan bercerita sebelum menggunakan strategi pembelajaran role playing dengan media wayang adalah rata-rata nilai 63,16. 3) Bagaimana kemampuan bercerita setelah menggunakan strategi pembelajaran role playing dengan media wayang nilai rata-rata yang didapatkan 81,66. 4) Apakah terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran role playing dengan media wayang terhadap kemampuan bercerita dengan nilai rata-rata 81,66. 5) Seberapa besar pengaruh penggunaan strategi pembelajaran role playing dengan media wayang terhadap kemampuan bercerita yaitu berpengaruhnya cukup besar. Kesimpulan penelitian ini uji hipotesis terdapat Nilai (sig) yang didapatkan sebesar 0,000 yang berarti nilai (sig) < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara pre test dan post test sehingga terdapat pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat atau H a diterima H o ditolak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Role Playing en_US
dc.subject Media Wayang en_US
dc.subject Kemampuan Bercerita en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MEDIA WAYANG TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PESERTA DIDIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA RAUDLATUSSA’ADAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account