Abstract:
Latar belakang penelitian ini yaitu mutu pembelajaran bahasa Arab tidak
lepas dari keterampilan dalam berbicara kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi
artikulasi atau mengucapkan kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan,
menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Karena pendengar menerima
informasi melalui rangkaian nada, tekanan, dan penempatan persendian. Jika
komunikasi berlangsung secara tatap muka, ditambah lagi dengan gerak tangan dan
mimik pembicara. Pelatihan keterampilan berbicara dapat menggunakan kitab
muhawarotul haditsah karena di dalamnya terdapat percakapan-percakapan bahasa
Arab yang bermanfaat bagi siswa yang ingin bisa bercakap-cakap dengan bahasa
Arab yang fasih dan bisa mempraktekan dari kosa kata yang sudah dipelajari.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui perencanaan pembelajaran
keterampilan berbicara menggunakan kitab "muhawarotul haditsah", 2) untuk
mengetahui pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan kitab
"muhawarotul haditsah", 3) untuk mengetahui evaluasi Pembelajaran keterampilan
berbicara menggunakan kitab "muhawarotul haditsah" di kelas 3 I’dadi pada
pondok pesantren As-Salam Pal 5 Pontianak tahun ajaran 2020/2021. Metode
penelitian dalam penelitian ini yaitu Kualitatif dengan jenis deskriptif , dan adapun
sumber data yaitu Guru bahasa Arab dan Santri, dan tehnik pengumpulan data yang
digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian
yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran bahasa Arab dalam keterampilan berbicara
yaitu guru menyusun rencana pembelajaran Bahasa Arab tetapi perencanaan
tersebut tidak ada dokumen tertulis seperti pada Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) karena pada pendidikan salafy tidak terdapat penyusunan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara tertulis atau berbentuk dokumen,
hanya merencanakan strategi, merencanakan metode, dan menyusun materi.2)
pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dalam keterampilan kalam Kegiatan awal:
Guru mengucacapkan salam dan berdoa serta memberikan motivasi dan
menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan: Pelaksanaan pembelajaran sesuai
dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaaran. Kegiatan Akhir yaitu evaluasi setiap
akhir pertemuan dengan memberikan tugas kepada siswa. 3) Evaluasi Pembelajaran
bahasa arab dalam keterampilan berbicara yaitu guru melakukan evaluasi dengan
memberikan tugas pada akhir pertemuan yang berkaitan dengan materi yang telah
dipelajari. Kemudian pada akhir semester guru juga mengadakan Ujian Akhir
Semester.