‫الثالث‬ ‫الصف‬ ‫في‬ ‫"‬ ‫الحديثة‬ ‫المحاورة‬ ‫"‬ ‫الكتاب‬ ‫باستخدام‬ ‫الكالم‬ ‫مهارة‬ ‫تعليم‬ ‫الدراسي‬ ‫لعام‬ ‫ل‬ ‫بونتياناك2020-2021‬ ‫‪5‬‬ ‫بال‬ ‫اإلسالمي‬ ‫السالم‬ ‫بمعهد‬ ‫اإلعدادي‬

Show simple item record

dc.contributor.author ‫موليديا‬ ‫فيرا‬
dc.date.accessioned 2022-12-05T02:10:22Z
dc.date.available 2022-12-05T02:10:22Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1881
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini yaitu mutu pembelajaran bahasa Arab tidak lepas dari keterampilan dalam berbicara kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau mengucapkan kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Karena pendengar menerima informasi melalui rangkaian nada, tekanan, dan penempatan persendian. Jika komunikasi berlangsung secara tatap muka, ditambah lagi dengan gerak tangan dan mimik pembicara. Pelatihan keterampilan berbicara dapat menggunakan kitab muhawarotul haditsah karena di dalamnya terdapat percakapan-percakapan bahasa Arab yang bermanfaat bagi siswa yang ingin bisa bercakap-cakap dengan bahasa Arab yang fasih dan bisa mempraktekan dari kosa kata yang sudah dipelajari. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui perencanaan pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan kitab "muhawarotul haditsah", 2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan kitab "muhawarotul haditsah", 3) untuk mengetahui evaluasi Pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan kitab "muhawarotul haditsah" di kelas 3 I’dadi pada pondok pesantren As-Salam Pal 5 Pontianak tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu Kualitatif dengan jenis deskriptif , dan adapun sumber data yaitu Guru bahasa Arab dan Santri, dan tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran bahasa Arab dalam keterampilan berbicara yaitu guru menyusun rencana pembelajaran Bahasa Arab tetapi perencanaan tersebut tidak ada dokumen tertulis seperti pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) karena pada pendidikan salafy tidak terdapat penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara tertulis atau berbentuk dokumen, hanya merencanakan strategi, merencanakan metode, dan menyusun materi.2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dalam keterampilan kalam Kegiatan awal: Guru mengucacapkan salam dan berdoa serta memberikan motivasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan: Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaaran. Kegiatan Akhir yaitu evaluasi setiap akhir pertemuan dengan memberikan tugas kepada siswa. 3) Evaluasi Pembelajaran bahasa arab dalam keterampilan berbicara yaitu guru melakukan evaluasi dengan memberikan tugas pada akhir pertemuan yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari. Kemudian pada akhir semester guru juga mengadakan Ujian Akhir Semester. en_US
dc.language.iso ar en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject pembelajaran en_US
dc.subject keterampilan berbicara en_US
dc.subject kitab "muhawarotul haditsah" en_US
dc.title ‫الثالث‬ ‫الصف‬ ‫في‬ ‫"‬ ‫الحديثة‬ ‫المحاورة‬ ‫"‬ ‫الكتاب‬ ‫باستخدام‬ ‫الكالم‬ ‫مهارة‬ ‫تعليم‬ ‫الدراسي‬ ‫لعام‬ ‫ل‬ ‫بونتياناك2020-2021‬ ‫‪5‬‬ ‫بال‬ ‫اإلسالمي‬ ‫السالم‬ ‫بمعهد‬ ‫اإلعدادي‬ en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account