Abstract:
Latar belakang penelitian ini yakni guru menyampaikan materi dengan
teknik make a match yang merupakan permainan mencari pasangan soal dan
jawaban dalam kartu untuk memahami materi, sehingga peneliti ingin menguji
penggunaan teknik make a match dalam pembelajaran qiro’ah, untuk mengetahui
apakah teknik make a match efektif dalam pembelajaran qiro’ah. Penelitian ini
bertujuan; 1) Mengetahui hasil belajar sebelum menggunakan strategi make a
match; 2) Mengetahui hasil belajar setelah menggunakan teknik make a match; 3)
Mengetahui efektifitas penggunaan teknik make a match.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen the one group pretest-
postest. Adapun teknik pengumpulan data penelitian yaitu ;1) Observasi; 2) Tes.
Data diolah menggunakan excel 2010 dengan rumus uji tanda dan size effect.
Hasil penelitian menunjukkan; 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan
teknik make a match adalah 48; 2) Hasil belajar siswa sesudah menggunakan
teknik make a
match menunjukkan angka 82; 3) Nilai size efect berada di
kategori tinggi yaitu 3,88 ≥ 0,8 dan ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik
make a match efektif dalam meningkatkan pembelajaran qira’ah bagi siswa.