Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui penggunaan media
pembelajaran Slide Master dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas IV
Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 21 Pontianak tahun ajaran 2019-2020,
menganalisis kemampuan pemahaman kosakata dalam Pembelajaran bahasa Arab
pada siswa kelas IV di SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak tahun ajaran 2010-
2019Setelah menggunakan metode pembelajaran Slide Master, pengaruh
penggunaan media pembelajaran Slide Master terhadap kemampuan kosakata
bahasa Arab siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 21 Pontianak tahun
ajaran 2021-2020.
jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. pendekatan penelitian ini
adalah kuantiatif.Metode pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi,
populasi penelitian Seluruh siswa kelas IV Sekolah Al-Azhar 21 Pontianak dan
sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV C dan semester IV D Al-
Azhar 21 Pontianak, yang rata-rata memiliki kemampuan homogen. Kelas yang
digunakan sebagai sampel penelitian adalah kelas IV D untuk proses eksperimen,
sedangkan kelas IV C sebagai kontrol. Kelas eksperimen menggunakan media
pembelajaran Slide Master, dan kelas kontrol tidak menggunakan media
pembelajaran Slide Master. Dan cara untuk mengetahui pengaruh penggunaan
metode pembelajaran master slide terhadap hasil belajar siswa adalah dengan tes
awal dan tes akhir, kemudian dilakukan tes t untuk mengetahui hasil belajar siswa
sebelum menggunakan media pembelajaran Slide Master dan setelah
menggunakannya.
Hasil penelitian adalah: Pembelajaran berlangsung dengan menggunakan
aplikasi google class meeting, dan pretest dan posttest menggunakan google form.
Setelah menggunakan media pembelajaran Slide Master , pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol terdapat perbedaan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media
pembelajaran video slide master siswa mendapat pengalaman belajar yang lebih
mendalam sehingga memperoleh hasil belajar yang lebih baik pada materi الوذرسية ألدوات ا
dibandingkan dengan metode dan media konvensional, dibuktikan dengan uji Mann-
Whitney diperoleh angka signifikansi pada kelas eksperimen adalah 0,00,
sedangkan pada kelas kontrol diperoleh angka sginifikansi 0.054, dengan kata lain
nilai signifikansi pada kelas eksperimen 0.000<0,05 maka Ha diterima sedangkan
nilai signifikansi yang dieroleh 0,054>0,05 maka Ha ditolak. Maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara media pembelajaran Slide
Master terhadap terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas IV
SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak.