Abstract:
Latar Belakang Penelitian ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara
sementara dengan guru mata pelajaran bahasa arab. Dari hasil observasi peneliti
menemukan bahwa banyak siswa yang kesulitan untuk memahami materi
pelajaran yang disampaikan. Kesulitan siswa dalam proses belajar ini ialah
berawal dari ketidakmatangan sewaktu apersepsi, sehingga tujuan akhir dari
pembelajaran itu tidak tercapai atau tidak sesuai harapan.
Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui apersepsi
yang diterima oleh siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII MTs
Negeri 2 Sekadau tahun ajaran 2019-2020. 2) untuk mengetahui pemahaman
siswa kelas VIII MTs Negeri 2 terhadap mata pelajaran Bahasa Arab tahun ajaran
2019-2020. 3) untuk mengetahui apakah terdapat Korelasi yang signifikan antara
Apresepsi dan pemahaman siswa kelas VIII MTs Negeri 2 terhadap mata
pelajaran Bahasa Arab tahun ajaran 2019-2020.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan
bentuk penelitian studi korelasi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas
VIII MTs Negeri 2 Sekadau. Dengan jumlah populasi 66 siswa. Karena
menggunakan sampling sistematis, maka sampel diambil menggunakan nomor
absen siswa yang ganjil sehinggasampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa.
Adapun pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, dan analisis
data dibantu dengan SPSS 25.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Dari hasil penelitian yang dilakukan
bahwasanya secara umum Apesepsi yang diterima oleh Siswa dalam pembelajaran
Bahasa arab Kelas VIII MTs Negeri 02 Sekadau dikategorikan Baik. Hal ini dapat
dilihat dari hasil presentase yaitu sebesar 637,18, termasuk dalam kategori Baik
karena dalam rentang 698-648. 2) Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan
bahwasanya secara umum pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab
Kelas VIII MTs Negeri 02 Sekadau dikategorikan Tinggi. Hal ini dapat dilihat
dari hasil presentase yaitu sebesar 647318, termasuk dalam kategori Tinggi karena
dalam rentang 698-648. 3) Berdasarkan hasil data yang telah dihitung, bahwa
nilai signifikansi untuk hubungan antara apersepsi dengan pemahaman belajar
pada siswa sebesar 2,022 (2,022 > 2025) sehingga dapat dinyatakan bahwa
Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara apersepsi dengan pemahaman siswa
pada pembelajaran bahasa arab kelas VIII MTs Negeri 2 Sekadau.