‫ضال‪ًُٟ‬‬ ‫‪ٛ‬ىي‬ ‫ج‪ٛ‬وٍذُس‬ ‫ج‪ٌٜٛ‬س‬ ‫وٌِ‬ ‫ُب‬ ‫ىجو‬ ‫جدل‬ ‫ُه‪ٞ‬‬ ‫و‬ ‫جإلوٌجٕ‬ ‫ذٌن‬ ‫ج‪ٛ‬والٓس‬ ‫ْ٘حوجو‬ ‫‪2‬‬ ‫جحل٘ى‪ُٟ‬س‬ ‫س‬ ‫ُ‬ ‫جإلْال‪ٟ‬‬ ‫س‬ ‫ج‪ٛ‬ػح‪٣‬ىَ‬ ‫ذحدلىٌْس‬ ‫ج‪ٛ‬ػح‪٢ٟ‬‬ ‫ج‪ِٛ‬ظ‪ٚ‬‬ ‫ 2019-2020 ج‪ٛ‬ىٌجٍْ‬ ‫ج‪ٛ‬وح‪ٝ‬‬

Show simple item record

dc.contributor.advisor ‫جدلحؾٓطًن‬ ‫شهٍجين‬ ‫ج‪ٛ‬ىٗطىٌ‬
dc.contributor.advisor ‫جدلحؾٓطًن‬ ‫ئْكحّ‬ ‫ْىٌَح‬ ‫‪ٟ‬ىَح‪١‬‬
dc.contributor.author ‫شهىَس‬ ‫ْيت‬
dc.date.accessioned 2022-12-02T10:36:29Z
dc.date.available 2022-12-02T10:36:29Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1875
dc.description.abstract Latar Belakang Penelitian ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara sementara dengan guru mata pelajaran bahasa arab. Dari hasil observasi peneliti menemukan bahwa banyak siswa yang kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan. Kesulitan siswa dalam proses belajar ini ialah berawal dari ketidakmatangan sewaktu apersepsi, sehingga tujuan akhir dari pembelajaran itu tidak tercapai atau tidak sesuai harapan. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui apersepsi yang diterima oleh siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VIII MTs Negeri 2 Sekadau tahun ajaran 2019-2020. 2) untuk mengetahui pemahaman siswa kelas VIII MTs Negeri 2 terhadap mata pelajaran Bahasa Arab tahun ajaran 2019-2020. 3) untuk mengetahui apakah terdapat Korelasi yang signifikan antara Apresepsi dan pemahaman siswa kelas VIII MTs Negeri 2 terhadap mata pelajaran Bahasa Arab tahun ajaran 2019-2020. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitian studi korelasi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Sekadau. Dengan jumlah populasi 66 siswa. Karena menggunakan sampling sistematis, maka sampel diambil menggunakan nomor absen siswa yang ganjil sehinggasampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa. Adapun pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, dan analisis data dibantu dengan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwasanya secara umum Apesepsi yang diterima oleh Siswa dalam pembelajaran Bahasa arab Kelas VIII MTs Negeri 02 Sekadau dikategorikan Baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase yaitu sebesar 637,18, termasuk dalam kategori Baik karena dalam rentang 698-648. 2) Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwasanya secara umum pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTs Negeri 02 Sekadau dikategorikan Tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase yaitu sebesar 647318, termasuk dalam kategori Tinggi karena dalam rentang 698-648. 3) Berdasarkan hasil data yang telah dihitung, bahwa nilai signifikansi untuk hubungan antara apersepsi dengan pemahaman belajar pada siswa sebesar 2,022 (2,022 > 2025) sehingga dapat dinyatakan bahwa Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara apersepsi dengan pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa arab kelas VIII MTs Negeri 2 Sekadau. en_US
dc.language.iso ar en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Apersepsi en_US
dc.subject Pemahaman Materi en_US
dc.subject Bahasa Arab en_US
dc.title ‫ضال‪ًُٟ‬‬ ‫‪ٛ‬ىي‬ ‫ج‪ٛ‬وٍذُس‬ ‫ج‪ٌٜٛ‬س‬ ‫وٌِ‬ ‫ُب‬ ‫ىجو‬ ‫جدل‬ ‫ُه‪ٞ‬‬ ‫و‬ ‫جإلوٌجٕ‬ ‫ذٌن‬ ‫ج‪ٛ‬والٓس‬ ‫ْ٘حوجو‬ ‫‪2‬‬ ‫جحل٘ى‪ُٟ‬س‬ ‫س‬ ‫ُ‬ ‫جإلْال‪ٟ‬‬ ‫س‬ ‫ج‪ٛ‬ػح‪٣‬ىَ‬ ‫ذحدلىٌْس‬ ‫ج‪ٛ‬ػح‪٢ٟ‬‬ ‫ج‪ِٛ‬ظ‪ٚ‬‬ ‫ 2019-2020 ج‪ٛ‬ىٌجٍْ‬ ‫ج‪ٛ‬وح‪ٝ‬‬ en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account