Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) Apa saja faktor
internal yang menyebabkan kesulitan siswa kelas IV B dalam belajar bahasa arab
di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdatul Ulama III Pontianak Barat Tahun Ajaran
2019/2020. (2) Apa saja faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan siswa kelas
IV B dalam belajar bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nahdatul Ulama
III Pontianak Barat Tahun Ajaran 2019/2020. (3) Bagaimana upaya guru
mengatasi kesulitan siswa kelas IVB dalam belajar bahasa arab di Madrasah
Ibtidaiyah Swasta Nahdatul Ulama III Pontianak Barat Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa pedoman
dan lembar observasi,wawancara serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil Peneliian ini adalah: (1) Faktor Internal yang menyebabkan siswa
kesulitan dalam belajar bahasa arab adalah kebanyakan dari siswa belum bisa
mengaji terdapat 29 orang siswa kelas IVB 11 orang siswa bisa mengaji dan
membaca bahasa arab, sedangkan 18 siswa masih banyak siswa yang belum bisa
mengaji, maupun membaca bahasa arab ,dan kurangnya minat mereka dalam
belajar bahasa arab, sehingga siswa tersebut mengalami kesulitan dalam belajar
bahasa arab.(2) Faktor Eksternal yang menyebabkan siswa kesulitan dalam belajar
bahasa arab adalah factor keluarga yaitu kurangnya perhatian, dukungan, dan
motivasi dari orang tua untuk menyuruh anak mereka mengikuti kegiatan diluar
seperti mengikuti TPA (Taman Pendidikan Al-qur’an), bimbingan belajar khusus
pelajaran bahasa arab, dan laimnya. (3) Upaya Guru mengatasi kesulitan siswa
dalam belajar bahasa arab adalah dengan melakukan pembinaan secara khusus
bagi siswa yang belum bisa membaca bahasa arab juga yang belum bisa mengaji.