Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu (quasi Eksperimen)
dengan pretest posttest equivalent group design (design kelompok pretes postes).
Subjek penelitian ini adalah santri kelas 3 Ibtida’ Pondok Pesantren Al-Hasani
Pontianak tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 12 setiap kelasnya. Penelitian
ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas instrumen
dilakukan oleh expert judgement dan untuk soal tes menggunakan analisis butir soal
dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya beda. Selanjutnya dilakukan uji
reliabilitas yang dihitung dengan menggunakan rumus KR-21. Untuk uji prasyarat
analisis, uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan untuk
uji homogenitas menggunakan uji Levene. Teknik analisis data untuk pengujian
hipotesis menggunakan rumus uji-t polled varians dua sample independen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar siswa yang
menggunakan Surah Yasin rata-rata nilai hasil belajar adalah 75,83; (2) Hasil
belajar siswa menggunakan Kitab Kuning adalah 60,42; (3) Terdapat perbedaan
hasil belajar antara penggunaan Surah Yasin dan Kitab Kuning. Hal ini dapat dilihat
dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t polled varians pada nilai postes
siswa bahwa thitung yaitu 2,795 lebih kecil dari pada ttabel yaitu 2,07383.