Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil belajar siswa yang
menggunakan sumber ajar Surah Al-mulk dari Jumlah Fi,liyah, (2) mengetahui
hasil belajar siswa yang menggunakan sumber ajar kitab kuning, dari Jumlah
Fi,liyah (3) mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan Surah Al-
mulk dan kitab kuning pada pelajaran Jumlah Fi’liyah pada santri kelas 3
Diniyah’ di Pondok Pesantren Hidayatul Muhsinin Kubu Raya.
Penelitian ini menggunakan penelitian Eksperimen semu (quasi
Eksperimen) dengan pretest posttest equivalent group design (design kelompok
pretes postes). Subjek penelitian ini adalah santri kelas 3 Diniyah’ Pondok
Pesantren Hidayatul Muhsinin tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 39 setiap
kelasnya. Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi.
Uji validitas instrumen dilakukan oleh expert judgement dan untuk soal tes
menggunakan analisis butir soal dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya
beda. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas yang dihitung dengan menggunakan
rumus KR-21. Untuk uji prasyarat analisis, uji normalitas dengan menggunakan
uji Kolmogorov-Smirnov dan untuk uji homogenitas menggunakan uji Levene.
Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t polled
varians dua sample independen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar siswa yang
menggunakan Surah Al-Mulk rata-rata nilai hasil belajar adalah 84,74.; (2) Hasil
belajar siswa menggunakan Kitab Kuning adalah 54,75.; (3) Terdapat perbedaan
hasil belajar antara penggunaan Surah Al-Mulk dan Kitab Kuning. Hal ini dapat
dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t polled varians pada nilai
postes siswa bahwa thitung yaitu 10.314 lebih kecil dari pada t-tabel yaitu
2.02619.