Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji
kesesuain antara bacaan, materi ajar, dan latihan soal pada buku ajar
bahasa Arab kelas VIII madrasah tsananwiyah kurikulum 2013 dengan
teori psikilogi perkembangan kognitif remaja.
Untuk mencapai tujuan di atas digunakan Jenis penelitian kepustakaan
(library research), metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik analisis
konten.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer
dan sumber data sekunder. Sumber data primer yang digunakan pada penelitian
ini adalah buku ajar bahasa Arab kelas VIII madrasah tsanawiyah kurikulum
2013, dan sumber data sekunder yang digunakan pada penelitian adalah jurnal,
buku, dan hasil penelitian yang berkaitan dengan objek penelitian ini.
Data yang diperoleh dari buku bahasa Arab kelas VIII madrasah
tsanawiyah kurikulum 2013 menunjukan bahwasannya bacaan, materi ajar, dan
latihan soal yang terdiri dari enam bab telah sesuai dengan perkembangan kognitif
remaja. Hal tersebut ditunjukan dari bacaan, materi ajar dan latihan soal yang
variatif dan dapat membantu untuk mengembangkan kognitif remaja, baik dari
kreatifitas, dan kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah.
Dari analisis diatas dapat disimpulkan bahwasannya, bacaan, materi ajar,
dan latihan soal pada buku bahasa Arab kelas VIII madrasah tsanawiyah
kurikulum 2013 telah sesuai dengan teori psikologi perkembangan kognitif
remaja dari Jean Piaget dan dapat mengembangkan kemampuan berpikir serta
kreatifitas siswa dalam berbahasa Arab. Temuan yang diperoleh dari buku bahasa
Arab kelas VIII madrasah tsanwiyah kurikulum 2013 adalah inkonsistensi pada
harokat dan penerjemahan petunjuk pengerjaan soal. Maka disarankan untuk
melengkapi seluruh contoh kalimat dan soal latihan dengan harokat yang lengkap
dan melengkapi seluruh petunjuk pengerjaan soal dengan terjemahan berbahasa
Indonesia.