‫الدراسي‬ ‫نهج‬ ‫امل‬ ‫الثانوي‬ ‫الثاين‬ ‫فصل‬ ‫ال‬ ‫يف‬ ‫العريب‬ ‫املدرسي‬ ‫كتاب‬ ‫ال‬ ‫حتليل‬ ‫ن‬ ‫للشبا‬ ‫املعريف‬ ‫النفس‬ ‫علم‬ ‫ضوء‬ ‫على‬ ‫‪2013‬‬

Show simple item record

dc.contributor.advisor ‫تري‬ ‫املاجس‬ ‫شهراين‬ ‫الدكتور‬
dc.contributor.advisor ‫املاجستري‬ ‫هدايت‬ ‫يوسف‬ ‫حممد‬ ‫الدكتور‬
dc.contributor.author ‫‫خامتة‬ ‫سييت‬
dc.date.accessioned 2022-12-01T10:27:50Z
dc.date.available 2022-12-01T10:27:50Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1866
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kesesuain antara bacaan, materi ajar, dan latihan soal pada buku ajar bahasa Arab kelas VIII madrasah tsananwiyah kurikulum 2013 dengan teori psikilogi perkembangan kognitif remaja. Untuk mencapai tujuan di atas digunakan Jenis penelitian kepustakaan (library research), metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik analisis konten. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yang digunakan pada penelitian ini adalah buku ajar bahasa Arab kelas VIII madrasah tsanawiyah kurikulum 2013, dan sumber data sekunder yang digunakan pada penelitian adalah jurnal, buku, dan hasil penelitian yang berkaitan dengan objek penelitian ini. Data yang diperoleh dari buku bahasa Arab kelas VIII madrasah tsanawiyah kurikulum 2013 menunjukan bahwasannya bacaan, materi ajar, dan latihan soal yang terdiri dari enam bab telah sesuai dengan perkembangan kognitif remaja. Hal tersebut ditunjukan dari bacaan, materi ajar dan latihan soal yang variatif dan dapat membantu untuk mengembangkan kognitif remaja, baik dari kreatifitas, dan kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah. Dari analisis diatas dapat disimpulkan bahwasannya, bacaan, materi ajar, dan latihan soal pada buku bahasa Arab kelas VIII madrasah tsanawiyah kurikulum 2013 telah sesuai dengan teori psikologi perkembangan kognitif remaja dari Jean Piaget dan dapat mengembangkan kemampuan berpikir serta kreatifitas siswa dalam berbahasa Arab. Temuan yang diperoleh dari buku bahasa Arab kelas VIII madrasah tsanwiyah kurikulum 2013 adalah inkonsistensi pada harokat dan penerjemahan petunjuk pengerjaan soal. Maka disarankan untuk melengkapi seluruh contoh kalimat dan soal latihan dengan harokat yang lengkap dan melengkapi seluruh petunjuk pengerjaan soal dengan terjemahan berbahasa Indonesia. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject perkembangan kognitif remaja en_US
dc.subject buku ajar bahasa arab en_US
dc.title ‫الدراسي‬ ‫نهج‬ ‫امل‬ ‫الثانوي‬ ‫الثاين‬ ‫فصل‬ ‫ال‬ ‫يف‬ ‫العريب‬ ‫املدرسي‬ ‫كتاب‬ ‫ال‬ ‫حتليل‬ ‫ن‬ ‫للشبا‬ ‫املعريف‬ ‫النفس‬ ‫علم‬ ‫ضوء‬ ‫على‬ ‫‪2013‬‬ en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account