Abstract:
Latar belakang dari penelitian ini adalah: Bahwa siswa kelas IV
Pesanren Darussholah dua Pontianak mereka masih kesulitan dalam memahami
kaidah bahasa arab.Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian dengan
menggunakan metode pembelajaran kelompok untuk meningkatkan kemampuan
siswa dalam memahami kaidah bahasa arab.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peningkatan
nilai pelajaran siswa sebelum atau sesudah menggunakan metode kelompok
diskusi. (2) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode kelompok terhadap
nilai siswa pada pelajaran nahwu.
Metode penelitian ini adalah: pendekatan kuantitatif, dan metode yang
digunakan adalah metode deskriptif. Dan hasil penelitiannya adalah sebagai
berikut: Bahwa kemampuan siswa dalam memahami kaidah bahasa arab sebelum
guru menggunakan metode pembelajaran kelompok masih lemah. Hal tersebut
dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kumulatif yang diperoleh siswa pada uji
pretest berjumlah 52,44. Dan jika nilai itu dimasukkan pada daftar nilai antara 55-
99, maka nilai tersebut minus. Bahwa kemampuan siswa dalam memahmi kaidah
bahasa arab setelah guru menggunakan model pembelajaran kelompok mengalami
peningkatan, dan hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kumulatif
yang diperoleh siswa pada uji postes berjumlah 80,84. Dan jika nilai ini
dimasukkan pada daftar nilai antara 100-86. Maka nilai tersebut sangat
baik.Terdapat pengaruh sebelum dan sesudah menggunkan model pembelajaran
kelompok terhadap kemampuan siswa dalam memahami kaidah bahasa arab, hal
tersebut dapat dibuktikan dengan nilai r tab 0,396 ≤ r hit 0,999 sehingga terdapat
hubungan dan pengaruh yang kuat dari metode pembelajaran kelompok dalam
meningkatkan nilai pelajaran siswa khususnya pada pelajaran nahwu.