‫النحو‬ ‫في‬ ‫الرابع‬ ‫الفصل‬ ‫التالميذ‬ ‫نتيجة‬ ‫ترقية‬ ‫على‬ ‫المجموع‬ ‫طريقة‬ ‫تطبيق‬ ‫‪2222‬‬ ‫دراسي‬ ‫عام‬ ‫بونتياناك‬ ‫‪2‬‬ ‫الصالح‬ ‫دار‬ ‫بمعهد‬

Show simple item record

dc.contributor.author ‫مصلح‬
dc.date.accessioned 2022-12-01T10:14:43Z
dc.date.available 2022-12-01T10:14:43Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1865
dc.description.abstract Latar belakang dari penelitian ini adalah: Bahwa siswa kelas IV Pesanren Darussholah dua Pontianak mereka masih kesulitan dalam memahami kaidah bahasa arab.Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran kelompok untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami kaidah bahasa arab. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peningkatan nilai pelajaran siswa sebelum atau sesudah menggunakan metode kelompok diskusi. (2) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode kelompok terhadap nilai siswa pada pelajaran nahwu. Metode penelitian ini adalah: pendekatan kuantitatif, dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Dan hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: Bahwa kemampuan siswa dalam memahami kaidah bahasa arab sebelum guru menggunakan metode pembelajaran kelompok masih lemah. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kumulatif yang diperoleh siswa pada uji pretest berjumlah 52,44. Dan jika nilai itu dimasukkan pada daftar nilai antara 55- 99, maka nilai tersebut minus. Bahwa kemampuan siswa dalam memahmi kaidah bahasa arab setelah guru menggunakan model pembelajaran kelompok mengalami peningkatan, dan hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kumulatif yang diperoleh siswa pada uji postes berjumlah 80,84. Dan jika nilai ini dimasukkan pada daftar nilai antara 100-86. Maka nilai tersebut sangat baik.Terdapat pengaruh sebelum dan sesudah menggunkan model pembelajaran kelompok terhadap kemampuan siswa dalam memahami kaidah bahasa arab, hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai r tab 0,396 ≤ r hit 0,999 sehingga terdapat hubungan dan pengaruh yang kuat dari metode pembelajaran kelompok dalam meningkatkan nilai pelajaran siswa khususnya pada pelajaran nahwu. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Kelompok en_US
dc.subject Nilai Siswa en_US
dc.title ‫النحو‬ ‫في‬ ‫الرابع‬ ‫الفصل‬ ‫التالميذ‬ ‫نتيجة‬ ‫ترقية‬ ‫على‬ ‫المجموع‬ ‫طريقة‬ ‫تطبيق‬ ‫‪2222‬‬ ‫دراسي‬ ‫عام‬ ‫بونتياناك‬ ‫‪2‬‬ ‫الصالح‬ ‫دار‬ ‫بمعهد‬ en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account