Abstract:
Buku ajar adalah salah satu unsur terpenting dalam proses pembelajaran,
dan ia merupakan salah satu sarana pendidikan yang tidak mungkin bisa
diabaikan oleh seorang guru, karena buku tersebut akan menyampaikan
sang guru kepada tujuan pembelajaran.
Hasil Penelitian yaitu: 1) Kelayakan Isi Buku Bahasa Arab Kelas VIII
yang ditulis oleh Miftah Farid yang digunakan di SMPIT Al-Mumtaz
Pontianak masuk kategori Baik, sebab telah memenuhi unsur-unsurnya: (a)
kesesuaian materi dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar
(KD); (b) Akurasi konsep, prinsip, prosedur, dan contoh; dan (c)
kekinian,sesuai dengan perkembangan Iptek. Namun masih ada beberapa
poin penting yang harus diperbaiki, sebagaimana dipaparkan di atas; 2)
Kelayakan Bahasa Buku Bahasa Arab Kelas VIII yang ditulis oleh Miftah
Farid yang digunakan di SMPIT Al-Mumtaz Pontianak masuk kategori
Sangat Baik, sebab telah memenuhi syarat-syaratnya, yaitu: (a)
Komunikatif; (b) Dialogis & Interaktif; (c) Lugas; (d) Koherasi; (e) Sesuai
dengan kaidah bahasa; (f) Istilah dan simbol harus sesuai dengan
perkembangan siswa; dan 3) Kelayakan Penyajian Buku Bahasa Arab
Kelas VIII yang ditulis oleh Miftah Farid yang digunakan di SMPIT Al-
Mumtaz Pontianak masuk kategori Sangat Baik sebab telah mencakup
unsur-unsurnya yaitu: a) konsisten dan sistematis, b) keseimbangan antar
bab, c) runtut, d) sesuai dengan ilustrasti, e) menggugah metakognisi siswa,
f) menggugah siswa untuk kritis, kreatif, dan inovatif, dan g) buku itu
harus ada pengantar, pendahuluan, daftar isi, daftar pustaka,
rangkuman,dan evaluasi.