Abstract:
Latar belakang penelitian ini yaitu mutu pembelajaran bahasa Arab tidak lepas dari
peranan strategi para guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Karena
mengajar bukanlah semata-mata berorientasi pada hasil, akan tetapi juga
berorientasi pada proses. Peranan strategi guru dalam kegiatan pembelajaran yang
optimal, akan menghasilkan keefektifan proses pembelajaran, dengan semakin
efektifnya proses, maka semakin tinggi juga hasil yang dicapai. Tujuan penelitian
ini yaitu: 1) untuk mengetahui bagaimana perencaan pembelajaran bahasa Arab
dalam keterampilan berbicara, 2) untuk mengetahui pelaksanaan pelaksanaan
pembelajaran dalam keterampilan berbicara 3) untuk mengetahui evaluasi
pembelajaran bahasa Arab dalam keterampilan berbicara pada santri Pondok
Pesantren Khulafaur Rasyidin tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian dalam
penelitian ini yaitu Kualitatif dengan jenis deskriptif , dan adapun sumber data yaitu
Guru bahasa Arab dan Santri, dan tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yaitu: 1) Perencanaan
pembelajaran bahasa Arab dalam keterampilan berbicara yaitu guru menyusun
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum melakukan kegiatan
جpembelajaran. 2) pelaksanaan strategi pembelajaran bahasa Arab dalam
keterampilan kalam Kegiatan awal: Guru mengucacapkan salam dan berdoa serta
memberikan motivasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan:
Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Penbelajaaran.
Kegiatan Akhir yaitu evaluasi setiap akhir pertemuan dengan memberikan tugas
kepada siswa. 3) Evaluasi Pembelajaran bahasa arab dalam keterampilan berbicara
yaitu guru melakukan evaluasi dengan memberikan tugas pada akhir pertemuan
yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari. Kemudian pada akhir semester
guru juga mengadakan Ujian Akhir Semester.