Abstract:
Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan
strategi pembelajaran bahasa Arab serta untuk mendeskrpsikan dan menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan strategi pembelajaran bahasa
Arab pada santri putri di pondok pesantren Darussalam Sengkubang tahun ajaran
2021/2022. Metode penelitian ini yaitu kualitatif dan jenis deskriptif, dan adapun
sumber data yaitu guru bahasa Arab, pengurus asrama dan santri, dan teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian yaitu: (1) pelaksanaan strategi pembelajaran bahasa Arab pada
santri putri di pondok pesantren Darussalam Sengkubang. Strategi yang digunakan
Student Active Learning (SAL). Pendekatan pembelajaran yang diterapkan yaitu
pendekatan yang berpusat ke guru dan pendekatan yang berpusat ke siswa. Metode
pembelajaran yang diterapkan yaitu metode langsung dan tanya jawab. Teknik
pembelajaran yang diterapkan yaitu teknik berkomunikasi, pengulangan dan
berpidato. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan strategi
pembelajaran bahasa Arab pada santri putri di pondok pesantren Darussalam
Sengkubang. Faktor yang mendukung secara internal yaitu motivasi dan minat
terhadap bahasa Arab. Adapun faktor yang mendukung secara eksternal yaitu
fasilitas yang mendukung dalam pembelajaran bahasa Arab, laboratorium bahasa,
dan sumber bahan ajar yang dengan mudah didapat baik itu dari internet dan selain
internet. Faktor yang menghambat secara internal yaitu masih banyak santri yang
masih baru mempelajari bahasa Arab, rendahnya minat dan motivasi terhadap
bahasa Arab dan minimnya perbendaharaan kosakata. adapun faktor yang
menghambat secara eksternal yaitu tidak semua guru, karyawan, dan staff mampu
bericara berbahasa Arab secara aktif, kurangnya tenaga ahli, dan keterbatasan
berkomunikasi.