Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengelolaan pembelajaran tematik
sistem daring yang dilakukan guru selama pandemi Covid-19. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; 1) Perencanaan pembelajaran
tematik sistem daring yang dilakukan guru kelas III di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 1 Pontianak; 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik sistem daring yang
dilakukan guru kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak; 3)
Evaluasi pembelajaran tematik sistem daring yang dilakukan guru kelas III di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskreptif yaitu penelitian yeng ditujukan untuk mendeskripsikan data yang
dikumpulkan berupa kata-kata. Adapun teknik pengumpulan data dengan
metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data
menggunakan analisis data Miles dan Huberman yaitu dengan mereduksi
data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran sistem daring, dalam
setiap jenis perencanaan dengan memperhatikan keadaan peserta didik
dengan menggunkan aplikasi Whatsapp dalam pembelajarannya. Jenis
perencanaan pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak
terdiri dari penyusunan Program Tahunan, Program Semester, Silabus dan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tematik sistem daring.
Perencanaan dibuat oleh guru kelas III yang mengampu pembelajaran
Tematik ; 2) Pada kegiatan pelaksanaan sitem daring, ada tiga kegiatan yang
diterapkan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup
melalui pesan teks, Video dan Voice Note di aplikasi Whatsapp; 3) Pada
kegiatan evaluasi pembelajaran daring, guru melakukan penilaian kepada
peserta didik dilihat dari tiga aspek yaitu penilaian aspek sikap, aspek
pengetahuan, dan aspek keterampilan.