PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK SISTEM DALAM JARINGAN (DARING) PADA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur
dc.contributor.advisor Tesi Muskania, Ricka
dc.contributor.author SA’BANIAH
dc.date.accessioned 2022-11-30T04:05:27Z
dc.date.available 2022-11-30T04:05:27Z
dc.date.issued 2021-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1851
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengelolaan pembelajaran tematik sistem daring yang dilakukan guru selama pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; 1) Perencanaan pembelajaran tematik sistem daring yang dilakukan guru kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak; 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik sistem daring yang dilakukan guru kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak; 3) Evaluasi pembelajaran tematik sistem daring yang dilakukan guru kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskreptif yaitu penelitian yeng ditujukan untuk mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa kata-kata. Adapun teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data Miles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran sistem daring, dalam setiap jenis perencanaan dengan memperhatikan keadaan peserta didik dengan menggunkan aplikasi Whatsapp dalam pembelajarannya. Jenis perencanaan pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pontianak terdiri dari penyusunan Program Tahunan, Program Semester, Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tematik sistem daring. Perencanaan dibuat oleh guru kelas III yang mengampu pembelajaran Tematik ; 2) Pada kegiatan pelaksanaan sitem daring, ada tiga kegiatan yang diterapkan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup melalui pesan teks, Video dan Voice Note di aplikasi Whatsapp; 3) Pada kegiatan evaluasi pembelajaran daring, guru melakukan penilaian kepada peserta didik dilihat dari tiga aspek yaitu penilaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pengelolaan en_US
dc.subject Pembelajaran Tematik en_US
dc.subject Dalam Jaringan en_US
dc.title PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK SISTEM DALAM JARINGAN (DARING) PADA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account