Abstract:
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh
penggunaan aplikasi Zoom Meeting terhadap hasil belajar. Pelaksanaan penelitian
dilakukan di Sekolah Dasar Plus Bina Empat Lima Pontianak, kelas II Tahun
Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini termasuk metode penelitian kuantitatif, desain yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan
Nonequivalent Control Group Design. Dalam design penelitian terdapat dua
kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak dipilih
secara acak. Kedua kelompok tersebut kemudian diberi pre-test untuk mengetahui
keadaan awal dan adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas II Sekolah Dasar
Plus Bina Empat Lima yang berjumlah 52 orang, kelas IIA berjumlah 26 orang dan
kelas II B berjumlah 26 orang. Untuk memperoleh data penelitian menggunakan
Pre-test dan Post-test dan lembar observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan aplikasi Zoom
Meeting terhadap hasil belajar tema 1 hidup rukun kelas II Sekolah Dasar Plus Bina
Empat Lima Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dikembangkan
disesuaikan dengan kebutuhan guru dan peserta didik, (2) Hasil belajar peserta
didik kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 84 dengan skor
terbesar 94 dan skor terkecil 73. Sedangkan hasil belajar peserta didik kelas kontrol
memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 74 dengan skor terbesar 82 dan skor
terkecil 63. Data tersebut menunjukkan adanya perbedaan antara hasil belajar kelas
eksperimen yang diajarkan melalui aplikasi Zoom Meeting dengan kelas kontrol
yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional, (3) Besarnya pengaruh
penggunaan aplikasi Zoom Meeting terhadap hasil belajar tema 1 hidup rukun kelas
II Sekolah Dasar Plus Bina Empat Lima Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat dilihat
dari uji Regresi Linier. Dari uji R square sebesar 0,481 (48,1%) menunjukkan
bahwa variabel independen (Aplikasi Zoom Meeting) sebesar 48,1%. Dan
interpretasi r membuktikan pengaruh aplikasi Zoom Meeting terhadap hasil belajar
berada dalam kategori sedang dengan interval koefisien yaitu 0,40-0,599.