PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM MEETING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 1 HIDUP RUKUN KELAS II SEKOLAH DASAR PLUS BINA EMPAT LIMA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mahrani
dc.contributor.advisor Lastasa Buju Basaf pipana, Maha
dc.contributor.author RAHMAWATI
dc.date.accessioned 2022-11-29T10:00:25Z
dc.date.available 2022-11-29T10:00:25Z
dc.date.issued 2022-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1849
dc.description.abstract Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan aplikasi Zoom Meeting terhadap hasil belajar. Pelaksanaan penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Plus Bina Empat Lima Pontianak, kelas II Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk metode penelitian kuantitatif, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Dalam design penelitian terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak dipilih secara acak. Kedua kelompok tersebut kemudian diberi pre-test untuk mengetahui keadaan awal dan adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas II Sekolah Dasar Plus Bina Empat Lima yang berjumlah 52 orang, kelas IIA berjumlah 26 orang dan kelas II B berjumlah 26 orang. Untuk memperoleh data penelitian menggunakan Pre-test dan Post-test dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan aplikasi Zoom Meeting terhadap hasil belajar tema 1 hidup rukun kelas II Sekolah Dasar Plus Bina Empat Lima Pontianak Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dikembangkan disesuaikan dengan kebutuhan guru dan peserta didik, (2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 84 dengan skor terbesar 94 dan skor terkecil 73. Sedangkan hasil belajar peserta didik kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 74 dengan skor terbesar 82 dan skor terkecil 63. Data tersebut menunjukkan adanya perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen yang diajarkan melalui aplikasi Zoom Meeting dengan kelas kontrol yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional, (3) Besarnya pengaruh penggunaan aplikasi Zoom Meeting terhadap hasil belajar tema 1 hidup rukun kelas II Sekolah Dasar Plus Bina Empat Lima Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat dilihat dari uji Regresi Linier. Dari uji R square sebesar 0,481 (48,1%) menunjukkan bahwa variabel independen (Aplikasi Zoom Meeting) sebesar 48,1%. Dan interpretasi r membuktikan pengaruh aplikasi Zoom Meeting terhadap hasil belajar berada dalam kategori sedang dengan interval koefisien yaitu 0,40-0,599. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Aplikasi Zoom Meeting en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM MEETING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 1 HIDUP RUKUN KELAS II SEKOLAH DASAR PLUS BINA EMPAT LIMA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account