Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana hasil belajar
peserta tanpa menggunakan media pop up book; 2) bagaimana hasil belajar peserta
didik dengan menggunakan media pop up book.; 3) apakah terdapat pengaruh yang
signifikan dengan penggunaan media pop up book terhadap hasil belajar peserta
didik.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen semu
(Quasi Eksperimen Design). Desain penbelitian ini melakukan dua kali test pada
masing masing kelompok, test awal pembelajaran tidak menggunakan media pop
up book. Kemudian test akhir dikelompok eksperimen diberi perlakuan berupa
menggunakan media pembelajaran pop up book berbasis keislaman dan budaya
lokal Pontianak.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan
sebagai berikut: 1) Hasi belajar peserta didik tanpa menggunakan media pop-up
book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal Pontianak, tidak terdapat
perbedaan, hal ini dibuktikan dengan nilai sig two sided adalah sebesar 0,064 >
0,05 maka, dapat diketahui bahwa hasil pre-test kelas eksperimen dan kontrol tidak
terdapat perbedaan karena lebih > 0,05; 2) Hasi belajar peserta didik setelah
menggunakan media pop-up book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal
Pontianak, terdapat perbedaan, hal ini dibuktikan dengan nilai sig.(2sided) adalah
0,025 < 0,05 dan 3) Berdasarkanpembahasandiketahuipengaruh yang diperoleh dari
penggunaan media pop up book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal
Pontianak dapat dibuktikan dengan hasil belajar post test yang signifikan kelas
eksperimen, dibuktikan dengan nilai sig.(2sided) adalah 0,025 < 0,05 maka, Ho
ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada perbedaan rata rata antara hasil belajar Pre-
test dan Hasil belajar post test yang artinya ada pengaruh penggunaan media pop
up book tematik berbasis kesilaman dan budaya lokal Pontianak terhadap Hasil
belajar peserta didik kelas V MIN 1 Saigon Pontianak.