PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TEMATIK BERBASIS KEISLAMAN DAN BUDAYA LOKAL PONTIANAK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 SAIGON PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur
dc.contributor.advisor Tesi Muskania, Ricka
dc.contributor.author LARASATI
dc.date.accessioned 2022-11-29T09:54:06Z
dc.date.available 2022-11-29T09:54:06Z
dc.date.issued 2021-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1848
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana hasil belajar peserta tanpa menggunakan media pop up book; 2) bagaimana hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pop up book.; 3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan media pop up book terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design). Desain penbelitian ini melakukan dua kali test pada masing masing kelompok, test awal pembelajaran tidak menggunakan media pop up book. Kemudian test akhir dikelompok eksperimen diberi perlakuan berupa menggunakan media pembelajaran pop up book berbasis keislaman dan budaya lokal Pontianak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Hasi belajar peserta didik tanpa menggunakan media pop-up book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal Pontianak, tidak terdapat perbedaan, hal ini dibuktikan dengan nilai sig two sided adalah sebesar 0,064 > 0,05 maka, dapat diketahui bahwa hasil pre-test kelas eksperimen dan kontrol tidak terdapat perbedaan karena lebih > 0,05; 2) Hasi belajar peserta didik setelah menggunakan media pop-up book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal Pontianak, terdapat perbedaan, hal ini dibuktikan dengan nilai sig.(2sided) adalah 0,025 < 0,05 dan 3) Berdasarkanpembahasandiketahuipengaruh yang diperoleh dari penggunaan media pop up book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal Pontianak dapat dibuktikan dengan hasil belajar post test yang signifikan kelas eksperimen, dibuktikan dengan nilai sig.(2sided) adalah 0,025 < 0,05 maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada perbedaan rata rata antara hasil belajar Pre- test dan Hasil belajar post test yang artinya ada pengaruh penggunaan media pop up book tematik berbasis kesilaman dan budaya lokal Pontianak terhadap Hasil belajar peserta didik kelas V MIN 1 Saigon Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject pop up book tematik en_US
dc.subject Keislaman en_US
dc.subject budaya lokal en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TEMATIK BERBASIS KEISLAMAN DAN BUDAYA LOKAL PONTIANAK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 SAIGON PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account