Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana emotional
awareness peserta didik tanpa menggunakan media pop up book; 2) bagaimana
emotional awareness peserta didik dengan menggunakan media pop up book.; 3)
apakah terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan media pop up book
terhadap emotional awareness peserta didik.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen semu
(Quasi Eksperimen Design). Penelitian ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak
dapat berfungsi sepenuhnya mengontrol variabel – variabel luar yang mempengaruhi
pelaksanaan eksperimen. Desain yang digunakan adalah Post-Test kontrol Grup
Desain (Non Equevalent Control Group Design) yang diteliti dalam 2 kelas dan
mempunyai dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang akan menggunakan
media pop up book dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media pop up
book.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan
sebagai berikut: 1) Emotional awareness peserta didik kelas VI dalam subtema rukun
dalam perbedaan pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Saigon Pontianak tanpa
menggunakan media pop up book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal
pontianak Tahun 2020 pada pre-test dan post-test mengalami peningkatan, hal ini
dilihat dari skor nilai rata-rata pre-test yaitu 64,47dan skor nilai rata-ratapost-test
yaitu 65,28. Maka, peningkatan persentase di kelas kontrol sebesar 0,81; 2)
Emotional Awarness peserta didik kelas VI subtema rukun dalam perbedaan pada
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Saigon Pontianak dengan menggunakan media pop up
book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal pontianak Tahun 2020 mengalami
peningkatan pada pre-test dan post-test, hal ini dilihat dari skor nilai rata-rata pre-test
sebesar 60,67 dan skor nilai rata-rata post-test sebesar 75,58. Maka, peningkatan
persentase di kelas eksperimen sebesar 14,91 dan 3) Berdasarkan pembahasan
diketahui bahwa Asymp. Sig (2-tailed) data post-test kelas eksperimen dan kelas
kontrol sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa H 1 diterima, artinya terdapat
perbedaan rata-rata hasil belajar akhir peserta didik yang menggunakan media pop up
book (eksperimen) dan kelompok tanpa menggunakan media pop up book.