PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TEMATIK BERBASIS KEISLAMAN DAN BUDAYA LOKAL PONTIANAK SUBTEMA RUKUN DALAM PERBEDAAN TERHADAP EMOTIONAL AWARENESS PESERTA DIDIK KELAS VI DI MIN 1 SAIGON PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukmawati, Fitra
dc.contributor.advisor Tesi Muskania, Ricka
dc.contributor.author AMIRAH RIF’AD, NIA
dc.date.accessioned 2022-11-28T03:29:22Z
dc.date.available 2022-11-28T03:29:22Z
dc.date.issued 2021-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1845
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana emotional awareness peserta didik tanpa menggunakan media pop up book; 2) bagaimana emotional awareness peserta didik dengan menggunakan media pop up book.; 3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan media pop up book terhadap emotional awareness peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design). Penelitian ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya mengontrol variabel – variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Desain yang digunakan adalah Post-Test kontrol Grup Desain (Non Equevalent Control Group Design) yang diteliti dalam 2 kelas dan mempunyai dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang akan menggunakan media pop up book dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media pop up book. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Emotional awareness peserta didik kelas VI dalam subtema rukun dalam perbedaan pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Saigon Pontianak tanpa menggunakan media pop up book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal pontianak Tahun 2020 pada pre-test dan post-test mengalami peningkatan, hal ini dilihat dari skor nilai rata-rata pre-test yaitu 64,47dan skor nilai rata-ratapost-test yaitu 65,28. Maka, peningkatan persentase di kelas kontrol sebesar 0,81; 2) Emotional Awarness peserta didik kelas VI subtema rukun dalam perbedaan pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Saigon Pontianak dengan menggunakan media pop up book tematik berbasis keislaman dan budaya lokal pontianak Tahun 2020 mengalami peningkatan pada pre-test dan post-test, hal ini dilihat dari skor nilai rata-rata pre-test sebesar 60,67 dan skor nilai rata-rata post-test sebesar 75,58. Maka, peningkatan persentase di kelas eksperimen sebesar 14,91 dan 3) Berdasarkan pembahasan diketahui bahwa Asymp. Sig (2-tailed) data post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa H 1 diterima, artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar akhir peserta didik yang menggunakan media pop up book (eksperimen) dan kelompok tanpa menggunakan media pop up book. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject pop up book tematik en_US
dc.subject keislaman en_US
dc.subject budaya lokal en_US
dc.subject emotional awareness en_US
dc.title PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TEMATIK BERBASIS KEISLAMAN DAN BUDAYA LOKAL PONTIANAK SUBTEMA RUKUN DALAM PERBEDAAN TERHADAP EMOTIONAL AWARENESS PESERTA DIDIK KELAS VI DI MIN 1 SAIGON PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account